Tips Berinvestasi Bagi Investor Pemula

VIVAnews - Mengelola keuangan secara cermat sudah menjadi keharusan. Tak hanya menabung, investasi untuk memenuhi rencana masa depan perlu dilakukan sejak awal.

Jika Anda mulai tertarik untuk berinvestasi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Pertama, menyusun portofolio dari investor. Dalam hal ini Anda harus bisa memilah-milah berapa persen dana yang akan diinvestasikan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Manager Mutual Fund Sales Schroder Investment Management Indonesia, Yudhi Rangkuti, mengatakan, pemilihan portofolio ini penting untuk menetapkan instrumen yang dapat memberikan keuntungan optimal.

"Untuk jangka pendek, Anda bisa memilih deposito. Namun, dalam jangka panjang, Anda bisa memilih reksa dana," ujar dia di Jakarta, Sabtu 17 Januari 2009.

Kedua, Anda harus cermat memilih institusi atau siapa yang mengelola dana. Anda harus teliti memilih, seperti bank mana yang kredibel dan siapa manajer investasi (MI) untuk produk reksa dana. Anda juga bisa mengecek bagaimana rekam jejak (track record) MI dalam mengelola investasi.

"Pelajari produk-produknya. Apakah bisa masuk dalam kriteria yang diinginkan investor," kata dia.

Ketiga, pelajari berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Ingat selalu prinsip investasi, high risk high return. Jika Anda menginginkan keuntungan makin tinggi, Anda juga harus bersiap menerima risikonya.

Selamat Berinvestasi!

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri
VIVA Militer: Bendera Israel

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Kementerian Luar Negeri Australia memperingatkan bahwa situasi keamanan dapat memburuk dengan cepat, tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024