Tender Bandara Soekarno Hatta Akhir 2011

Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • PT Angkasa Pura II

VIVAnews - Pemerintah telah menyetujui desain baru rencana pembangunan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang ditawarkan PT Angkasa Pura II (Persero). Seluruh grand design bandara telah mendapat persetujuan dari Wakil Presiden Boediono.

Menurut Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II, Hari Cahyono, pembangunan proyek bandara yang ditargetkan terbangun pada 2014 tersebut akan dilakukan melalui proses tender seperti yang dipersyaratkan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Kami akan buka proses tender bagi siapa saja, baik perusahaan swasta maupun BUMN," kata dia saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 26 Juli 2011.

Proses tender tersebut, dia melanjutkan, diperkirakan digelar pada akhir tahun ini. Karena pada awal 2012, proses ground breaking atau pemasangan tiang pancang akan dilakukan. "Tender pertama, kami harapkan sudah bisa digelar pada akhir 2011. Tapi setelah itu, akan dibuka tender-tender berikutnya," tutur Hari.

Sebab, Hari menambahkan, perusahaan yang akan dilibatkan dalam pengerjaan pembangunan bandara berkelas dunia itu tidak hanya satu atau dua perusahaan. "Kan, nanti ada perusahaan yang khusus membangun terminal pusat, bangunan interkoneksi antarterminal, maupun Cargo Village," ujarnya.

Sementara itu, pada desain terbaru yang sudah disetujui pemerintah terlihat Bandara Soekarno-Hatta akan terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road. Bandara juga terhubung terminal yang terpusat, bangunan interkoneksi antarterminal, people mover system atau sistem penggerak otomatis tanpa awak yang merupakan fasilitas publik untuk memindahkan penumpang, pengunjung, dan karyawan dari terminal 1 (T1), T2, dan T3.

Selain itu, akan dibangun jaringan kereta api menuju bandara. Akses dari Jakarta dan Tangerang dapat dilakukan melalui moda kereta api. Selain itu, akan dibangun Cargo Village. (art)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024