Gadai Emas CIMB Niaga Syariah Naik Pesat

Direksi CIMB Niaga
Sumber :
  • Ujang Zaelani

VIVAnews- Naiknya harga emas membuat banyak nasabah melirik emas sebagai portofolio investasi. Begitu halnya dengan nasabah Gadai Emas CIMB Niaga Syariah yang pembiayaannya naik 320 persen dari Rp4,13 miliar pada Juni 2010 menjadi Rp17,31 miliar pada Juni 2011.

Direktur Utama CIMB Niaga Arwin Rasyid mengatakan jumlah rekening pembiayaan gadai YOY meningkat 205 persen dari 459 akun pada Juni 2010 menjadi 1.398 pada Juni 2011. Dengan perhitungan year to date, jumlah akun gadai meningkat 57 persen dari 891 akun pada Desember tahun lalu.

Untuk meningkatkan kinerja unit usaha syariah PT CIMB Niaga Tbk itu meluncurkan kembali layanan Gadai Emas Syariah yaitu Gadai Emas iB X-tra untuk pembiayaan minimal Rp200 ribu, dan Gadai Emas iB Preferred untuk pembiayaan minimal Rp10 juta.

"Bedanya sama dengan adanya cabang biasa dan cabang prioritas, dengan iB preferred untuk nasabah gadai dengan nilai mulai belasan hingga ratusan juta," kata dia.

Jangka waktu pembiayaan gadai ini antara 15-120 hari atau empat bulan dengan ujrah (fee) yang kompetitif. Hal ini untuk memudahkan jika nasabah memerlukan kebutuhan pembiayaan aman dan cepat, seperti pendidikan, dana talangan kesehatan maupun kebutuhan lain, maka CIMB Niaga Syariah mengakomodir untuk mengovernya.

Arwin menegaskan, nasabah gadai emas CIMB Niaga Syariah mendapatkan fasilitas bebas biaya asuransi. Jika pelunasan dilakukan sebelum jatuh tempo atau dipercepat maka nasabah tidak akan dikenakan pinalti. "Untuk nasabah gadai emas minimal Rp10 juta juga tidak dikenai biaya administrasi," tambahnya.

Untuk skema pembiayaan, nasabah menitipkan emas berbentuk perhiasan atau logam mulia/koin sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dengan jangka waktu tertentu. Pembiayaan ini menggunakan akad rahn (gadai) dan Qardh (pinjaman) sebagai basis pembiayaan, sedangkan akad ijarah (sewa) digunakan sebagai basis pendapatan bank di mana bank menarik biaya atas pemeliharaan jaminan yang digadaikan nasabah.

Arwin mengaku pertumbuhan bisnis ini cukup melesat. Saat ini CIMB Niaga memiliki 50 outlet gadai emas, dan ditargetkan akhir tahun bisa mencapai 100 outlet. Sementara untuk gadai emas preffered baru dua, yaitu di Cikini dan Melawai, "Targetnya sampai akhir tahun ada lima di Jakarta semua," ungkapnya. (umi)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
Nicole Shanahan

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Independent presidential candidate Robert F. Kennedy Jr. named Silicon Valley attorney and entrepreneur Nicole Shanahan as his vice presidential pick at a campaign rally.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024