Kuartal II-2011

Investasi Langsung Asing ke RI Rp44 Triliun

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Bank Indonesia menyatakan, membaiknya Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) hingga akhir tahun akan sejalan dengan pertumbuhan cadangan devisa negara. Salah satu faktor penopang dari cadangan devisa ini adalah investasi pemodal asing.

Hingga awal Agustus 2011, cadangan devisa Indonesia tercatat mencapai US$123 miliar dan diperkirakan terus meningkat.

Menurut Kepala Biro Humas BI, Difi A Johansyah, selain karena membaiknya ekspor Indonesia, derasnya aliran modal asing menjadi penyumbang meningkatnya cadangan devisa negara. NPI per Agustus menunjukkan transaksi modal dan finansial mengalami surplus.

"Surplus transaksi modal dan finansial yang signifikan hingga mencapai US$12,52 miliar," ujar Difi saat acara diskusi BI Bareng Media di Gedung BI, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2011.

Berdasarkan data BI per Agustus 2011, investasi asing pada kuartal II-2011 dalam bentuk investasi langsung atau foreign direct investment (FDI) mencapai US$5,25 miliar atau sekitar Rp44,6 triliun. Jumlah itu meningkat dibanding kuartal sebelumnya yang mencatat US$4,79 miliar.

Sementara itu, investasi asing dalam bentuk portofolio pada kuartal II-2011 turut meningkat dibandingkan kuartal I yakni dari US$4,11 miliar menjadi US$6,28 miliar. Untuk investasi dalam bentuk lainnya, BI mencatat adanya peningkatan dari US$0,84 miliar pada kuartal I-2011 menjadi US$2,02 miliar pada kuartal II-2011.

"Surplus transaksi modal dan keuangan pada kuartal II-2011 juga dipengaruhi oleh penarikan utang luar negeri swasta," ujar Difi.

Reformasi pada bidang infrastruktur, dia menambahkan, juga akan menjadi faktor pendorong penguatan capital inflow atau aliran modal masuk. Dana asing yang masuk tersebut tentunya akan menguntungkan investasi asing langsung atau PMA.

"Investasi ini memiliki tenor yang lebih panjang, sehingga menguntungkan negara," tuturnya. (art)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024