Hatta: Lebaran, Sembako dan BBM Aman

Hatta Rajasa jelang acara lamaran putrinya, Aliya Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah menegaskan bahwa tidak akan terjadi kelangkaan sembilan bahan pokok atau sembako maupun bahan bakar minyak menjelang Idul Fitri tahun ini.

"Sejauh ini, tidak terjadi kelangkaan, baik sembako maupun BBM karena tersedia di seluruh pelosok Tanah air," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa saat melepas iringan pemudik di Parkir Timur Senayan, Selasa 23 Agustus 2011.

Selain itu, Hatta menuturkan, terjadi penurunan harga bahan pokok sepertiĀ  bawang yang turun drastis. "Justru, kita inginnya bagamana supaya sedikit naik karena di bawah kebiasaan. Kasihan petaninya," tuturnya.

Dia menambahkan, harga cabe dan telur ayam juga mengalami penurunan harga. Sedangkan yang mengalami kenaikan harga, kata Hatta, yakni harga daging yang mulai merangkat naik. "Daging ayam yang tadinya Rp24 ribu menjadi Rp27 ribu," tuturnya.

Namun, Hatta mengaku saat ini, yang paling dijaga pergerakan harganya yaitu beras yang sudah meningkat sekitar 12 persen dari harga tahun lalu. "Untuk itu, yang kita lakukan adalah operasi pasar atau menggelar pasar murah di 20 provinsi agar harga bisa ditekan dan bisa membantu masyrakat yang kurang mampu," ujarnya.

Sementara itu, mengenai penimbunan beras yang dilakukan rekanan Perum Bulog di sejumlah titik, ia mengatakan bahwa hal itu dilaporkan oleh Menteri Pertanian. "Saya minta agar jangan melakukan penimbunan karena itu perbuatan tidak dibenarkan dan bisa menimbulkan kelangkaan maupun kenaikan harga," kata Hatta.

Hatta juga meminta agar Mentan melakukan langkah atau tindakan atas aksi yang dilakukan rekanan Bulog tersebut. "Saya sudah minta Mentan melakukan action," tuturnya. (umi)

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jtah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024