Rusuh Lagi, Produksi Lapangan Tiaka Berhenti

Kilang Minyak
Sumber :
  • AP Photo/Seth Perlman

VIVAnews - Setelah situasi sempat kondusif pekan lalu, kondisi di fasilitas produksi lapangan Tiaka dengan operator JOB Pertamina-Medco kembali dihentikan sejak Senin siang akibat situasi kembali memanas.

"Status saat ini produksi masih dihentikan sejak Senin siang," kata Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas BP Migas, Gde Pradyana, kepada VIVAnews.com, di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2011.

Menurut Gde, Sabtu lalu fasilitas produksi lapangan Tiaka sempat dihentikan akibat demo anarkis. Akibatnya, produksi minyak hilang 2 ribu barel akibat aksi itu. Pada Minggu sore, lapangan Tiaka sempat kembali berproduksi dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Saat ini, lanjut Gde, situasi di lapangan Tiaka belum kondusif dan membuat produksi enam sumur dan fasilitas lapangan Tiaka sebanyak 1.600 barel minyak per hari dihentikan. Seluruh pekerja lapangan Tiaka telah dievakuasi sambil menunggu kondisi di lapangan Tiaka kondusif kembali.

Sementara itu, adanya korban tewas dalam demo anarkis yang terjadi Senin lalu, Gde enggan berkomentar. Menurut dia, aparat keamanan lebih mengetahui situasi langsung yang terjadi di lapangan Tiaka.

"Di Tiaka sendiri tidak ada korban tewas, kalau insiden di luar itu mungkin aparat keamanan yang lebih tahu," jelasnya.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, M Harun tidak bisa dikonfirmasi. Pesan pendek yang dikirim VIVAnews.com juga tidak dibalas.

Sebelumnya, aksi demo yang menuntut fasilitas umum seperti yang dijanjikan perusahaan itu terjadi sejak Sabtu, 21 Agustus 2011. Sekitar 30 pendemo datang menggunakan kapal kayu, kemudian merusak beberapa fasilitas yang mengakibatkan kru harus dievakuasi dan lapangan ditutup. (art)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia

Shin Tae-yong berbagi cerita pengalamannya membesut Timnas Indonesia. Sejak mengemban kepercayaan pada akhir 2019 hingga sekarang, dia dianggap sukses lakukan perubahan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024