Apa itu Transaksi Derivatif Perbankan?

VIVAnews - Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah transaksi derivatif atau structured product  dalam dunia perbankan. Sebenarnya apa yang dimaksud transaksi derivatif itu?

Nah sebelum kita mengetahui transaksi derivatif, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis-jenis transaksi dalam valuta asing.

Pertama
, transaksi valuta Today, yaitu transaksi yang dilakukan pada hari itu juga dengan menggunakan pergerakan mata uang pada hari yang bersangkutan.

Kedua
, transaksi valuta Tomorrow, atau biasa disebut dengan transaksi "Valuta Tom". Nah jenis transaksi ini penyelesaiannya dilakukan pada keesokan harinya. Misalnya, pada hari ini Anda membeli dolar AS, maka penyelesaian transaksinya (settlement) dilakukan keesokan harinya.

Ketiga
, transaksi Spot. Transaksi ini penyelesaiannya dilakukan dua hari kemudian.

Nah, untuk transaksi valas yang dilakukan lebih dari dua hari, disebut transaksi derivatif. Jangka waktunya bermacam-macam, ada yang lebih dari dua hari, satu minggu, tiga bulan, bahkan satu tahun. Transaksi derivatif juga biasa disebut dengan transaksi "forward".

Jika Anda pernah mendengar structured product, itu adalah bagian atau turunan dari transaksi derivatif. Transaksi derivatif yang diberi opsi (option) tertentu inilah yang disebut structured product. Opsinya bermacam-macam. Contohnya pada saat settlement nanti, ada perhitungan antara nilai tukar yang disepakati, bisa juga menggunakan kombinasi perhitungan suku bunga. Transaksi ini dilakukan atas kesepakatan oleh nasabah dan pihak bank.

Menurut Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan Bank Indonesia, Wimboh Santoso dalam transaksi ini, nasabah harus betul-betul memperhatikan kertas perjanjian yang ada. Tidak ada yang tahu kurs valas ke depan apakah melemah atau menguat. Yang menentukan adalah seberapa akurat bank atau nasabah memproyeksi berapa nilai tukar agar jika ada kerugian di kemudian hari bisa diminimalisir.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?
Jayabaya

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Pada Kitab Musasar Jayabaya disebutkan bahwa, di bait 18 disebutkan sempat meramalkan para pemimpin cerdas yang dimiliki Indonesia. berikut isi salah satu bait penjelasan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024