Bunga Bank Turun, Pasar Residensial Naik

Apartemen Kalibata
Sumber :
  • VIVAnews/ Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Perusahaan konsultan properti dan real estate, Jones Lang LaSalle-Procon menyatakan, pasar residential dan ritel mengalami pertumbuhan selama triwulan III-2011.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

"Stabilitas ekonomi yang mendorong bank menurunkan suku bunganya membuat pembelian kondominium baru selama periode Juli sampai September 2011 meningkat sebesar 17 persen menjadi 2.300 unit," kata Head of Research Lang LaSalle-Procon, Anton Sitorus, di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Anton menambahkan, dengan demikian total penjualan kondominium baru dalam sembilan bulan pertama 2011 sudah mencapai sekitar enam ribu unit, dibandingkan tahun lalu yang secara keseluruhan hanya mencetak penjualan sebanyak 3.760 unit.

"Tren penjualan kondominium di dalam kota ini juga didorong meningkatnya kebutuhan akan hunian yang dekat dengan tempat beraktifitas seperti kantor ataupun sekolah, sebagai kompensasi dari makin parahnya kemacetan lalulintas di Ibukota," ujarnya.

Selain itu, Anton mengatakan, dampak perkembangan ekonomi juga dirasakan pasar pusat perbelanjaan sewa atau ritel di Jakarta. "Permintaan peritel untuk menambah jumlah outletnya membuat hunian mal meningkat 85 persen di awal tahun dan menjadi 88 persen di September," kata dia.

Menurut Anton, prospek pertumbuhan bisnis ritel tidak hanya mendorong ekspansi peritel yang sudah ada, namun juga peritel asing dan internasional.

"Mereka melihat, besarnya peluang dan potensi dari pertumbuhan kalangan menengah di Ibukota seperti yang dilakukan departemen store dari Korea baru-baru ini," tuturnya. (eh)

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024