31 Perusahaan Bergelar Eksportir Terbaik

Gita Wirjawan
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Sebanyak 31 perusahaan memperoleh penghargaan tertinggi Primaniyarta sebagai eksportir terbaik Indonesia. Ke-31 perusahaan itu dinilai mampu memproduksi barang yang memiliki daya saing di pasar global.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

"Saya memberikan penghargaan kepada semua produsen yang mendorong perdagangan. Intinya, kami minta dukungan agar tidak ada hambatan apa pun," kata Wakil Presiden RI Boediono, dalam sambutan pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-26 di Jakarta International Expo, Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2011.

Boediono berharap, dalam penyelenggaraan yang akan datang, jumlah perusahaan penerima penghargaan sebagai eksportir terbaik akan bertambah. "Saya berharap tahun depan tak hanya 31 produsen, tapi menjadi 50 produsen," kata Wapres.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Gita Irawan Wirjawan, mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada eksportir yang secara terus-menerus berupaya mengembangkan ekspor dengan menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi. Upaya mereka secara langsung telah memberi dampak positif pada peningkatan ekspor nonmigas.

"Pemberian penghargaan ini diharapkan memberikan motivasi dan inspirasi pada eksportir lain untuk menghasilkan produk yang terbaik, sehingga dapat diterima oleh pasar global," kata Gita yang baru dilantik sebagai mendag tadi pagi.

Pada penyelenggaraan kali ini, panitia telah menyeleksi 94 kandidat perusahaan yang lolos proses administrasi dari sebelumnya sebanyak 146 perusahaan. Panitia kemudian memilih 45 calon pemenang untuk mengikuti tahap penjurian, sebelum memutuskan 31 perusahaan yang berhak menerima penghargaan Primanayarta 2011.

Penentuan pemenang didasarkan pada beberapa aspek, di antaranya kinerja keuangan yang sehat, disiplin pajak, kepabeanan yang patuh, ramah lingkungan, hubungan saling menguntungkan dengan para pekerja, dan penggunaan merek sendiri.

Pada penyelenggaraan kali ini juga telah diberikan penghargaan khusus Outstanding Winner for 5 Times Achievement of Primaniyarta Award kepada PT Musim Mas atas prestasi kinerjanya sebagai penerima penghargaan Primaniyarta selama lima tahun berturut-turut sejak 2006.

Berikut ini daftar 31 perusahaan penerima penghargaan Primaniyarta :

Kategori Eksportir Berkinerja
1. PT A.W. Faber-Castell Indonesia
2. PT Adaro Indonesia
3. PT Bio Farma (Persero)
4. PT Bitratex Industries
5. PT Bumitangerang Mesindotama
6. PT Gajah Tunggal Tbk
7. PT Growth Asia
8. PT Indesso Aroma
9. PT Musim Mas
10. PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills
11. PT Smart Tbk
12. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
13. Trimitra Baterai Prakarsa

Kategori Pembangun Merek Global
1. PT Accupunto Internasional
2. PT Insera Sena
3. PT Multistrada Arah Sarana Tbk
4. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk
5. PT Polymindo Permata
6. PT Selamat Sempurna Tbk

Kategori UKM Ekspor
1. PT Ajidharmamas Tritunggal Sakti
2. PT Duta Ananda Utama Tekstil
3. PT Fajarindo Faliman Zipper
4. PT Indoexim International
5. PT Indonesia Antique
6. PT Latransa Citra
7. PT Mahligai Indococo Fiber
8. CV Sekawan Cosmetics
9. CV Tanteri Ceramic

Kategori Barang dan Jasa Ekonomi Kreatif
1. PT Aneka Sandang Interbuana
2. PT Bamboomedia Cipta Persada
3. PT Kinema Systrans Multimedia

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

(art)

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024