Jutawan Indonesia Kalahkan Malaysia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews- Jumlah jutawan di Asia Tenggara diperkirakan mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Singapura menempati peringkat pertama, disusul Indonesia dan Malaysia di posisi berikutnya.

Seperti dimuat dari laman Wall Street Journal, ketiga negara ini diperkirakan memiliki 190 ribu orang kaya baru sejak awal 2011. Berdasarkan riset dari Credit Suisse, angka ini hanya terpaut sedikit dengan jumlah jutawan baru di China yang mencapai 212 ribu orang.

Di Singapura misalnya, tercatat ada 118 ribu orang memiliki penghasilan di atas US$1 juta (Rp8,8 miliar) pada tahun lalu. Tahun ini angkanya melonjak menjadi 183 ribu orang, semakin mengukuhkan citra Singapura sebagai negara kaya jika dibandingkan dengan kebanyakan negara lain di dunia.

Lonjakan yang cukup fantastis ini menjadikan Negara Merlion ini masuk dalam jajaran lima negara terkaya di dunia, bersama dengan Swiss, Australia, Norwegia, dan Prancis. Untuk diketahui, besaran kekayaan rata-rata warga Singapura adalah US$285 ribu (Rp2,5 miliar).

Sementara itu, selama 18 bulan terakhir Malaysia mengalami penambahan 19 ribu jutawan baru sehingga totalnya kini menjadi 39 ribu orang. Sementara jumlah jutawan Indonesia meningkat drastis dari 52 ribu menjadi 112 ribu orang.

"Indonesia menunjukkan perkembangan yang menakjubkan dalam hal kekayaan pribadi sejak tahun 2000," kata laporan Credit Suisse.

Kekayaan rata-rata warga Indonesia kini memang sedikit lebih rendah daripada Malaysia dan Singapura, yaitu sebesar US$12 ribu (Rp106 juta), namun jumlah ini sudah meningkat dari sebelumnya yang hanya US$2 ribu (Rp17,6 juta).

Selain itu, ternyata Indonesia juga memiliki 12 miliarder pada pertengahan tahun ini. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah miliarder Malaysia dan Singapura bila digabungkan. (umi)

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR
Ilustrasi bunuh diri.

Selebgram Meli Joker Sayat Tubuh dengan Cutter Sebelum Gantung Diri?

Sebelumnya diberitakan, Selebgram Meli Joker atau yang memiliki nama asli Fitri Meliana sempat bertengkar dengan kekasihnya sebelum tewas bunuh diri.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024