Bencana Banjir, Neraca Thailand Turun

Penduduk provinsi Ayutthaya, Thailand, mengarungi banjir
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVAnews - Badan Pusat Statistik mengungkapkan, transaksi perdagangan Indonesia dengan Thailand akan mengalami penurunan akibat bencana banjir yang melanda. Saat ini, neraca perdagangan dengan Thailand mengalami defisit US$577,6 miliar.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Djamal, defisit yang ada sekarang tentu akan mengalami penurunan dengan adanya bencana tersebut. Namun, untuk data saat ini belum mengalami perubahan signifikan.

"Sekarang Thailand ada masalah. Kenapa pengaruhnya belum muncul signifikan? Sebab, ini kita bicara keadaan September dan banjir baru Oktober ini," ujarnya saat ditemui seusai jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa 1 November 2011.

Sejauh ini, lanjutnya, komoditas impor dari Thailand menuju Indonesia selain beras juga otomotif. Dengan adanya bencana tersebut, disinyalir turut mengganggu produksi domestik.

"Impor kita dari Thailand bukan hanya beras tapi juga otomotif, dalam bentuk build up lalu juga ada komponennya. Saya baca beberapa sektor otomotif produksinya terganggu, karena komponennya sebagian dari sana (Thailand)," tuturnya.

Namun secara keseluruhan, tambahnya, neraca perdagangan pada September 2011 mengalami surplus US$2,72 miliar. "Sedangkan secara kumulatif, dari Januari hingga September, neraca perdagangan surplus US$22,53 miliar," terangnya.

Djamal menjelaskan bahwa surplus neraca perdagangan terbesar disumbang dari negara India yang memberikan US$900 juta. Dan meski tidak besar, Amerika tetap menyumbang surplus. Sedangkan China tetap memberikan defisit terhadap Indonesia.

TKN Sebut Ada Parpol Pengusung Anies dan Ganjar Segera Gabung ke Prabowo-Gibran

Berdasarkan data, defisit China pada agustus US$75,9 miliar, kemudian meningkat pada September menjadi US$119,6 miliar. "Sementara Jepang, pada Agustus defisit (US$154 miliar) tapi September surplus (US$7,7 miliar)," ujarnya.

Via Vallen

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kediaman penyanyi dangdut Via Vallen di daerah Kalitengah, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, digeruduk oleh sejumlah warga pada Senin malam, 22 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024