Banjir, Pabrik di Thailand Relokasi ke RI

Banjir melanda ibukota Thailand, Bangkok, 24 Oktober 2011
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Pemerintah telah menerima permintaan relokasi perusahaan otomotif dan elektronik asal Jepang yang berada di Thailand ke Indonesia. Banjir yang menimpa negeri Gajah Putih itu melumpuhkan aktivitas bisnis dan industri mereka.

Menurut Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bidang Industri dan Perdagangan, Edy Putra Irawady, ada empat perusahaan yang berminat berinvestasi di dalam negeri. Dua perusahaan baru akan berinvestasi di Indonesia, sedangkan sisanya baru akan merelokasi pabriknya.

“Sudah ada empat perusahaan yang menelepon saya untuk berinvestasi di sini. Tiga perusahaan Jepang, satu asal Eropa. Tak hanya produsen otomotif, tapi juga elektronik,” kata Edy saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa 1 November 2011.

Namun, dia melanjutkan, perusahaan-perusahaan tersebut baru menginformasikan secara informal. “Mereka itu menelepon untuk menanyakan insentif apa yang bisa diberikan pemerintah jika mereka mau ke sini. Misalnya bisa dapat tax holiday tidak?” tuturnya.

Saat ditanya detail perusahaan tersebut, Edy enggan memberitahukan secara rinci dua perusahaan yang akan merelokasi usahanya tersebut ke Indonesia. Hanya perusahaan tersebut, dia menambahkan, setingkat dengan produsen otomotif dan elektronik besar asal Jepang lainnya seperti Honda dan Nissan.

Terkait dua perusahaan otomotif yang akan memperluas investasinya di Indonesia, Edy menjelaskan adalah Toyota dan Mercedes Benz. Produsen mobil Toyota dipastikan merealisasikan investasinya sebesar Rp7 triliun pada tahun mendatang.

“Indonesia akan dijadikan basis mereka untuk tujuan ekspor,” ujarnya.

Produsen mobil asal Jerman Mercedes Benz juga dipastikan memperluas investasi di Indonesia, meski belum diketahui besaran dari angka investasinya.

Sekadar informasi, pabrik mobil Honda di Thailand ditutup dalam jangka waktu enam bulan. Hingga saat ini masih belum ada kepastian apakah Honda akan melanjutkan produksinya pascabanjir besar.

Kerugian yang dialami Honda mencapai tiga persen dari total keseluruhan. Pabrik di Thailand sangat berperan dalam penjualan serta produksi mobil Honda, terutama untuk mobil yang akan dipasarkan di kawasan Asia Tenggara. (art)

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel
Pembunuh perempuan open BO di Pulau Pari

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Pembunuh wanita 'open BO' berinisial R (35) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, mengaku menyesal atas perbuatannya menghabisi nyawa korban. Nico pun mengungkap alasannya teg

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024