Infrastruktur Tingkatkan Kualitas Manusia

Pembangunan Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu - Tanah Abang (Casablanca)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah perlu menggenjot proyek-proyek pembangunan agar penyerapan tenaga kerja semakin besar. Terserapnya tenaga kerja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga kualitas sumber daya manusia bisa ditingkatkan.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

"(Kualitas manusia) sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur," kata Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, di Jakarta, Kamis 3 November 2011.

Fauzi menanggapi laporan UNDP terkait kualitas manusia Indonesia yang berada di peringkat ke-124 dari 187 negara. Dalam Indeks Pembangunan Manusia yang dirilis UNDP itu, kualitas masyarakat Indonesia masih di bawah rata-rata regional.

Pembangunan infrastruktur, dia mengatakan, turut meningkatkan kualitas kinerja industri manufaktur di Tanah Air. Dunia usaha di industri manufaktur pun disinyalir akan lebih kompetitif. "Karena biaya transportasi dan biaya energi bisa ditekan," tuturnya.

Fauzi mengatakan, meningkatnya kinerja industri manufaktur akan berdampak pada penurunan inflasi dan tingkat suku bunga nasional. Kondisi itu berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNDP) merilis Indeks Pembangunan Manusia dari 187 negara pada 2 November 2011.

Dalam laporan itu, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia berada di peringkat ke-124 dari 187 negara dengan skor 0,617. Peringkat ini jauh tertinggal dari Malaysia yang berada pada posisi 61 dunia dengan skor 0,761.

Peringkat Indonesia juga tercatat di bawah rata-rata regional Asia Timur dan Pasifik yang memiliki skor 0,671, sedangkan Malaysia di atas rata-rata regional. (art)

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024