FOTO: Obama Saksi Transaksi Lion Air-Boeing

Barack Obama hadiri kesepakatan antara Boeing dengan Lion Air
Sumber :
  • REUTERS/ Jason Reed

VIVAnews - Hari ini Lion Air dan Boeing melakukan kesepakatan jual beli 230 pesawat senilai US$21,7 miliar atau sekitar Rp195 triliun. Pesawat itu terdiri dari 201 jenis 737 MAXs dan 29 next generation 737-900ERs. Perjanjian itu juga memungkinkan Lion untuk menambah pesanan sebesar 150 pesawat atau senilai US$14 miliar.

Kesepakatan itu ditandatangani Senior Vice President Boeing Ray Conner danĀ  Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana di Grand Hyatt Bali. Kerjasama itu juga disaksikan oleh presiden Amerika Serikat Barack Obama di sela-sela rangkaian KTT ASEAN dan KTT terkait.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait juga tampak hadir dalam penandatanganan kerjasama itu. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Dino Patti Djalal.

Kerjasama ini merupakan kesepakatan bisnis terbesar yang pernah dilakukan Boeing. Sebelumnya rekor terbesar dilakukan dengan maskapai Emirates Airlines yang menandatangani perjanjian kerja senilai US$18 miliar (Rp161,28 triliun) untuk memasok maskapai sebanyak 50 pesawat.

Obama mengatakan dengan kerjasama itu, Boeing juga akan menghasilkan lebih dari 100.000 pekerjaaan di Amerika Serikat untuk jangka panjang. Obama mengatakan kerjasama ini merupakan contoh investasi perdagangan dan peluang komersial yang ada di kawasan Asia Pasifik. Kesepakatan ini terjadi karena dukungan pemerintah Amerika dan Ex-Im Bank. Kesepakatan ini juga sesuai tujuan jangka panjang Amerika yaitu meningkatkan ekspor AS dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Untuk melihat fotonya, klik tautan ini. (umi)

SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024