Kemenperin Pamer 6 Mobil Buatan Lokal

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Kementerian Perindustrian bertekad menggelar pameran mobil-mobil produksi lokal pada tahun ini. Selain Kiat Esemka yang banyak diperbincangkan masyarakat, sebanyak lima mobil karya tangan kreatif anak bangsa juga akan dipamerkan.

"Tekad kami di 2012, ada beberapa yang mau diluncurkan," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Selasa, 10 Januari 2012.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Hidayat berjanji, jika produsen mobil lokal tersebut sudah siap memproduksi kendaraan murah tersebut, Kemenperin berjanji akan membantu menggelar pameran kepada masyarakat. Namun, pameran ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang sudah selesai menjalani uji kelaikan.

"Yang sudah selesai uji kelaikan bikinannya anak bangsa, ada lima atau enam produk. Nanti kami akan pameran di Kementerian Perindustrian menggunakan pelataran, ada Tawon, Esemka, dan lainnya," ungkapnya.

Selain memberikan bantuan pameran, pemerintah juga berjanji semaksimal mungkin terhadap proses dan tahapan untuk memproduksi mobil secara komersial.

"Tapi, akhirnya survival mereka tergantung kemampuannya bersaing di pasar. Meskipun kami akan bantu," kata dia.

Hidayat memastikan, demam produksi kendaraan bermotor buatan dalam negeri tidak akan memunculkan kekhawatiran dari produsen mobil yang sudah ada di Indonesia. Pemerintah menganggap semua pihak pasti menyadari bahwa memperkenalkan mobil nasional itu wajar terjadi di setiap negara.

"Tapi, untuk dominan di pasar itu suatu hal lain, karena kompetisi juga ketat. Jadi, perjalanan mobil nasional bisa dimulai 2012, tapi bukan sesuatu yang mudah, kita harus perjuangkan. Saya akan membantu apa yang harus kami perjuangkan," kata dia. (art)

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024