Kemenpera Ingin Bunga KPR Turun Jadi 5%

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • www.kemenpera.go.id

VIVAnews - Pemerintah memastikan bahwa program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) akan tetap berjalan di tahun 2012. Rencananya, program ini akan berjalan di awal bulan Februari mendatang.

Terhentinya program FLPP ini dikarenakan belum bertemunya negosiasi ulang perjanjian kerja sama operasional (PKO) antara pemerintah dengan para perbankan mengenai penetapan suku bunga KPR.

"Ya memang mati sementara atau berhenti sejenak. Namun untuk nanti di awal bulan Februari akan aktif kembali," kata Sri Hartoyo, Deputi Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat, pada VIVAnews, Senin, 16 Januari 2012.

Sri mengatakan, untuk negosiasi kepada perbankan pihaknya menginginkan suku bunga KPR turun menjadi 5 persen sampai 6 persen. "Kita akan mencari bunga yang sesuai dengan kebutuhan rakyat." kata Sri.

Maka dari itu, Sri mengatakan, pihaknya akan mengusahakan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan proses negosiasi kepada para perbankan. "Lebih cepat, lebih baik. Ya dalam waktu seminggu dan dua minggu ini akan diselesaikan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan, seharusnya pemerintah sudah mempunyai antisipasi jika negosiasi belum selesai. "Itulah kekonyolan Menpera. Kalau negosiasi belum selesai, seharusnya sudah ada antisipasi sebelumnya," kata Ali pada VIVAnews.

Ali menambahkan hal seperti itu menandakan kinerja Kementerian Perumahan Rakyat masih sangat buruk. "Seharusnya skema lama tetap berjalan dengan dengan suku bunga 8,75 persen. Selama belum ada skema baru, dampaknya nanti akan sangat buruk bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah," kata Ali.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024