Moody's Juga Naikkan RI ke Investment Grade

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia : Pembangunan Rusun
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Lembaga pemeringkat Moody's hari ini menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3. Dengan demikian Indonesia telah mendapatkan peringkat investment grade dari dua lembaga yaitu Moodys dan Fitch Ratings.

Dalam siaran pers-nya, Rabu 18 Januari 2012, Moody's mengatakan ada empat pendorong utama keputusan ini. Pertama, Moody's mengantisipasi kebijakan finansial akan sejalan dengan peringkat Baa.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Kedua, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanannya terhadap guncangan eksternal. Ketiga, adanya kebijakan mengatasi kerentanan finansial. Keempat, sistem perbankan yang sehat dan mampu menahan goncangan.

Peringkat investment grade ini ditetapkan sebulan setelah lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberi gelar investment grade. Fitch Ratings telah menaikkan peringkat long term foreign dan local currency Issuer Default Ratings (IDR) Indonesia menjadi BBB- dari BB+. Outlook atas kedua peringkat tersebut stabil.

Sementara itu, country ceiling dinaikkan menjadi BBB, dan short term foreign-currency IDR dinaikkan menjadi F3.

"Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan resilien, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, serta kerangka kebijakan makro yang hati-hati," kata Grup Direktur Fitch's Asia-Pacific Sovereign Ratings, Philip McNicholas, Desember lalu. (umi)

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!
Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024