Investment Grade, RI Sejajar dengan India

Omar S Anwar
Sumber :
  • VIVAnews/Ferial Thalib

VIVAnews - Kenaikan peringkat surat utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat Moody's langsung disambut positif pelaku pasar modal di Tanah Air. Kenaikan itu dinilai bakal memberikan kepercayaan baru bagi tatanan ekonomi nasional.

"Kita sejajar dengan India," kata Direktur Utama PT Trimegah Securities Tbk, Omar S Anwar ketika dihubungi VIVAnews.com, Rabu, 18 Januari 2012.

Menurut Omar, peningkatan peringkat ini akan memberikan dampak positif terhadap masuknya aliran modal ke dalam negeri. "Saya berharap bahwa Indonesia dapat memanfaatkan kenaikan peringkat ini sebaik-baiknya," kata dia.

Kendati mengapresiasi peningkatan peringkat ini, Omar tak lupa mengingatkan pemerintah untuk tetap waspada terhadap ancaman krisis dari Eropa. Menurut mantan wakil dirut PT Pertamina ini, krisis Eropa masih jauh dari penyelesaian.

Seperti diketahui, Moody's hari ini menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3. Dengan demikian Indonesia telah mendapatkan peringkat investment grade dari dua lembaga yaitu Moody's dan Fitch Ratings.

Dalam siaran pers, Rabu 18 Januari 2012, Moody's mengatakan ada empat pendorong utama keputusan ini. Pertama, Moody's mengantisipasi kebijakan finansial akan sejalan dengan peringkat Baa.

Kedua, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanannya terhadap guncangan eksternal. Ketiga, adanya kebijakan mengatasi kerentanan finansial. Keempat, sistem perbankan yang sehat dan mampu menahan guncangan. (art)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024