JK: BI Minta Naik Gaji, Nanti Dulu

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Rencana Bank Indonesia (BI) meminta kenaikan gaji pegawainya rata-rata 7,42 persen ditentang oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. JK mengatakan, sebelum menaikkan gaji pegawai dan Dewan Gubernur BI, bank sentral sebaiknya memperbaiki masalah yang ada seperti penurunan suku bunga.

"Turunkan bunga dulu," kata Jusuf Kalla, usai acara Economic and Capital Market Outlook 2012, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Sebelumnya, BI mengajukan kenaikan anggaran gaji pegawai BI dari Rp1,98 triliun pada 2011 menjadi Rp2,13 triliun di 2012. Gaji pokok terendah pegawai dasar BI sendiri sekitar Rp2,7 juta hingga Rp5,2 juta. Sementara itu, gaji pokok Gubernur BI mencapai Rp153,9 juta.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Gaji Gubernur BI setara 58 kali gaji pegawai terendah BI. Angka itu belum termasuk berbagai tunjangan dan fasilitas yang didapatkan. (Lihat daftar gaji pegawai BI di tautan ini).

Menurut JK, sapaan Jusuf Kalla, saat ini gaji seorang presiden saja hanya Rp60 juta. Melihat hal ini, ada tolak ukur yang sangat berbeda jauh antara gaji presiden dan petinggi BI.

"Gaji presiden aja Rp60 juta. Pantas tidaknya gaji dinaikkan (dewan gubernur) tergantung masing-masing orang. Kalau suka foya-foya, ya tidak cukup. Pak Darmin (Gubernur Bank Indonesia) saya rasa orang yang hidup sederhana," kata dia. (art)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024