StanChart: Peminat Deposito Makin Menurun

Fauzi Ichsan, Ekonom Stanchart
Sumber :
  • Vibiznews.com

VIVAnews- Ekonom Standard Chartered Bank (StanChart), Fauzi Ichsan, mengatakan turunnya LPS Rate sebesar 50 bps tidak akan berdampak banyak pada turunnya suku bunga deposito.

"Turunnya bunga deposito itu tergantung dari beberapa hal. Jika untuk bank kecil, hal itu akan sulit karena jika mereka menurunkan bunga depositonya maka akan kehilangan deposannya," kata Fauzi di acara  di acara Wealth on Wealth di Hotel Mulia Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.

Menurut Fauzi, saat ini keinginan masyarakat untuk menyimpan dananya dalam bentuk deposito semakin menurun. Karena bunga deposito rendah, masyarakat cenderung mencari aset investasi yang bunganya cenderung tinggi, misalnya investasi tanah dengan keuntungan 15-20 persen.

Pendapat serupa juga pernah dilontarkan oleh Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk., Gatot M Suwondo, yang mengatakan BI Rate dan suku bunga penjaminan LPS merupakan tingkat bunga referensi. Sementara itu, bunga deposito adalah bunga yang terjadi di pasar.

"Market rate tidak selalu mengikuti referensi rate, karena didasari oleh kebutuhan dana perbankan dan keinginan nasabah untuk mendepositokan dana di bank," kata Gatot kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 14 Februari 2012.

Menurut Gatot, penurunan suku bunga deposito tidak bisa dipastikan dengan turunnya referensi rate, maka market rate akan turun.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke
Ilustrasi/Pelajar diamankan saat mau tawuran.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan di lingkungan sekolah, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh guru, orang tua, dan siswa:

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024