Menkeu: Reformasi Birokrasi Belum Maksimal

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah menyatakan reformasi dalam tubuh pemerintah, khususnya bidang keuangan dan birokrasi, belum maksimal. Meski sejauh ini telah terdapat perbaikan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyayangkan penyerapan anggaran pemerintah selama satu semester awal yang hanya didominasi oleh pembayaran gaji dan biaya operasional. Menurut dia sangat sedikit penyerapan anggaran yang bermanfaat langsung terhadap masyarakat.

"Pemerintah belum memiliki pola penyerapan anggaran yang proporsional," ujarnya saat pembukaan acara lokakarya di kantornya, Jakarta, Rabu 22 Februari 2012.

Maka itu, Agus menuturkan pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk reformasi ini. Memang, sejauh ini langkah perbaikan telah menampakkan hasil dengan kelancaran proses bisnis dan kemudahan pelayanan masyarakat. "Namun hasilnya belum maksimal, sehingga perlu diperbaiki," katanya, menambahkan.

Agus menerangkan, pemerintah juga berupaya meningkatkan penerimaan negara dalam bidang pajak sebaga bagian dari reformasi keuangan. Dengan baiknya pelayanan pajak diharapkan kepatuhan wajib pajak meningkat. (umi)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024