Apindo:

Jangan Naikkan Harga BBM, Jika Gaji PNS Naik

Sofjan Wanandi
Sumber :
  • VIVAnews/Mohamad Teguh

VIVAnews - Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia menyatakan, lebih baik pemerintah tidak menaikkan harga bahan bakar minyak, jika harus menaikkan gaji pegawai negeri sipil.

"Sejak lama saya katakan kepada pengusaha agar menggunakan uang lebihnya untuk membangun infrastruktur, agar rakyat bisa bekerja," kata Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi, di Jakarta, Senin 27 Februari 2012.

Sofjan menuturkan, tentunya dengan kenaikan gaji para pegawai negeri akan membebankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Seharusnya, pemerintah lebih berkonsentrasi menjaga agar barang-barang impor tidak mematikan industri kecil dan menengah.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

"Banyak barang impor yang ilegal, terutama tidak membayar PPN. Dan ini yang menurut saya, membuat kita tidak bisa berkompetisi dengan mereka," ujarnya.

Apalagi, Sofjan melanjutkan, barang-barang impor itu sudah kelebihan produksi di dunia. Importir pun memasang barang impor dengan harga yang murah dibanding barang buatan asli Indonesia.

"Akibat dari semua itu, kita harus terima semua dan pemerintah tanpa berbuat apa-apa. Ini berbahaya sekali. Kita jadi banyak importir daripada buat sendiri," tuturnya.

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali menyatakan perlunya kenaikan harga BBM bersubsidi. Pemerintah akan mempercepat pengajuan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 untuk menetapkan kembali asumsi yang realistis.

"Harga BBM mau tidak mau tentu mesti disesuaikan dengan kenaikan yang tepat," kata Yudhoyono usai Rapat Kabinet Terbatas di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, pekan lalu.

Menurut SBY, asumsi harga minyak dalam APBN 2012 harus disesuaikan. Tidak mungkin lagi pemerintah mematok harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) sebesar US$90 per barel. Harga minyak mentah Indonesia sudah mencapai US$115 per barel. (art)

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024