Facebook Ajak Puluhan Penjamin Emisi Urus IPO

Kantor baru Facebook di Menlo Park
Sumber :
  • REUTERS/ Robert Galbraith/ Files

VIVAnews - Perusahaan jejaring sosial, Facebook Inc menambah 25 bank yang akan dilibatkan dalam proses penjaminan emisi penawaran umum perdana saham (IPO). Artinya, hampir seluruh pelaku pasar saham Wall Street AS akan dilibatkan dalam penjualan saham sosial media paling populer di dunia tersebut.

Hal tersebut diketahui dari perubahan pengajuan IPO yang disampaikan Facebook seperti dikutip dari laman reuters.com, Kamis, 8 Maret 2012.

Dalam laporan ke otoritas bursa AS, perusahaan yang digawangi oleh Mark Zuckerberg ini juga mengumumkan telah mengamankan dua fasilitas pinjaman. Salah satu pinjaman akan menjamin perusahaan dalam menanggung kewajiban dan remintansi terkait unit saham para pegawai.

Dari keterbukaan informasi yang disampaikan Facebook, perusahaan melaporkan telah memperoleh fasilitas pinjaman sebesar US$5 miliar. Dana untuk membantu aksi perusahaan itu lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar US$2,5 miliar.

"Semakin banyak lembaga keuangan yang terlibat, semakin banyak hasil kajian yang bisa diperoleh mengenai perusahaan di masa mendatang. Bank-bank ini akan memperoleh bayaran tinggi dan prestise karena terlibat dalam IPO Facebook," kata Pengelola Dana dari AphaOne Capital Partner, Dan Niles.

Bahkan Niles yakin lembaga keuangan kecil pun bisa membantu penyebaran saham Facebook. "Perusahaan kecil biasanya berhubungan dengan pemilik saham ritel. Jadi langkah ini merupakan upaya untuk menyebarkan saham Facebook kepada para pemodal yang sulit mendapatkan akses," katanya.

Facebook adalah perusahaan jejaring sosial yang memiliki lebih dari 845 juta pengguna. IPO perusahaan diperkirakan bisa menarik dana segar hingga mencapai US$5 miliar dan membuat valuasi perusahaan naik menjadi US$100 miliar.

Selama tahun 2011, Facebook mengantongi pendapatan sebesar US$3,7 miliar. Kenaikan yang tinggi dari Facebook ini mengancam incumbent dalam bisnis internet seperti Google dan Yahoo yang bergantung pada pemasukan dari iklan.

Dalam perubahan prospektus Facebook yang disampaikan kemarin, perusahaan menyebutkan 5-6 persen dari 845 juta pengguna Facebbok menggunakan account palsu atau ganda. (sj)

PAN Doa Dapat Jatah Menteri Paling Banyak, Prabowo: Masuk Itu Barang!
Ilustrasi gambar pelat nomor kendaraan dengan teknologi canggih

Syarat Membuat Pelat Nomor Cantik Kendaraan dan Biaya Bikinnya

Banyak berseliweran mobil dengan nomor plat dengan kombinasi angka yang menarik. Jika Anda berminat memiliki pelat nomor cantik bisa mengajukannya dengan syarat dan biaya

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024