Pemerintah Tawarkan Cara Kendalikan BBM

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyiapkan sejumlah langkah pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk memberikan keadilan kepada masyarakat yang berhak menerima sehingga lebih tepat sasaran.

"Pengendalian BBM bersubsidi untuk instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD di wilayah-wilayah yang sudah tersedia infrastruktur BBM non subsidi dan bahan bakar gas untuk transportasi," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin 12 Maret 2012.

Evita menambahkan, langkah pengendalian volume BBM bersubsidi dengan adanya pengurangan BBM bersubsidi di daerah elit dan jalan tol. Selain itu, mendorong pemanfaatan bahan bakar gas untuk transportasi.

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan pengawasan pemakaian BBM bersubsidi dan melaksanakan Perpres Nomor 15 Tahun 2012 tentang Harga Jual Eceran dan Konsumen Pengguna Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu.

Kementerian ESDM juga akan mencanangkan free day BBM bersubsidi untuk di daerah tertentu sehingga dalam hari itu SPBU tidak menjual BBM bersubsidi.

"Begini, kan ada car free day tiap hari Minggu sekali tidak boleh lewat jalan. Nah, ini nanti usulan kami ada satu hari untuk di daerah tertentu tidak dijual BBM bersubsidi untuk pelat hitam. Jadi, satu hari semuanya memakai BBM non subsidi," tutur Evita. (eh)

Raih Suara Terbanyak dalam Sejarah Pilpres, Menlu Tiongkok Ucapkan Selamat ke Prabowo
Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024