Cara Jitu Dahlan Hadapi Impor Buah China

Warga desa menaiki kereta barang
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Maraknya buah impor dari China membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mempunyai gagasan untuk menggalakkan buah tropis agar dapat bersaing dengan buah asal Negeri Bambu.

"Sejak dulu, saya punya gagasan, salah satu produk kita yang tidak perlu impor adalah buah. Tetapi buah khusus, yaitu buah tropis," kata Dahlan di Jakarta, Selasa 27 Maret 2012.

Dahlan menuturkan, Indonesia terkenal dengan buah tropisnya seperti mangga, rambutan, dan nanas. Produksi buah-buah tropis ini seharusnya digenjot untuk diekspor ke China, karena kebutuhan buah tropis di China sangat besar.

"Jangan abaikan buah tropis. Berapa juta ton pun akan diserap karena mereka (China) tidak bisa," katanya.

Namun, Dahlan mengatakan, biasanya China meminta suplai buah tropis ke Indonesia secara berkelanjutan. Buah-buah tropis ini, dapat melawan buah impor dari China seperti apel dan jeruk.

Apakah BUMN tertarik untuk membentuk BUMN buah? Dahlan menjawab bahwa BUMN buah belum menjadi prioritas utama Kementerian BUMN tahun ini.

"BUMN biar konsentrasi dulu untuk peternakan sapi, beras, gula, dan sagu. Jika tahun depan produksi meningkat, baru fokusnya jagung, kedelai, dan buah," tuturnya. (eh)

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

KPU menegaskan tidak ada lagi lembaga peradilan yang bisa membatalkan penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024