Langkah Tepat Tangani Surplus Beras

VIVAnews - Komoditi beras belakangan ini menjadi sorotan banyak pihak, bahkan dimanfaatkan partai politik untuk menggaet suara dalam Pemilihan Umum tahun ini.

Mantan Ketua Himpunan Ketukunan Tani Indonesia Siswono Yudohusodo menyatakan bangga terhadap Indonesia yang bisa swasembada beras pada tahun ini. "Tentunya menjadi kebanggaan setelah sekian lama impor," ujar dia dalam dialog "Pengusaha Bertanya, Partai Politik Menjawab" di Hotel Four Seasons Jakarta, Jumat, 13 Februari 2009.

Siswono memperkirakan akan ada surplus beras 2,5 juta ton tahun ini, jika pengadaan beras dalam negeri mencapai 38 juta ton dengan tingkat konsumsi sebanyak 35,5 juta ton. "Akan diapakan surplus beras ini?" katanya. 

Siswono kemudian menawarkan tiga alternatif untuk dipilih oleh pemerintah baru nanti. Pertama, bisa diekspor, seperti yang digembar gemborkan banyak orang. "Padahal saat ini harga internasional lebih rendah daripada dalam negeri, apakah kemudian akan diberikan subsidi?" kata Siswono. 

Kedua, tidak diekspor dan biarkan menjadi beras rusak. Ketiga, dialokasikan untuk meningkatkan produksi tepung beras untuk subsitusi tepung gandum yang bahan bakunya masih impor.

Menanggapi pertanyaan ini, Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring mengaku setuju jika surplus beras diolah menjadi tepung beras. "Salah satu plafon konsep ekonomi kami yakni menjual nilai tambah, menjadikan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi yang bernilai tambah," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan tim ekonomi PKS Sohibul Iman. "Jika harganya lebih rendah dari harga domestik, harus diolah dulu agar nilai jualnya tinggi," katanya. Selain itu, PKS juga menjanjikan akan relokasi petani dalam jangka waktu 15 tahun.

Sohibul mengaku bangga dengan prestasi Menteri Pertanian Anton Apriyantono yang berasal dari partai yang sama. "Sekarang semua pihak mengklaim akan swasembada pangan dalam kampanye politiknya," kata dia.

Meski demikian, Siswono mengingatkan agar pemerintah baru nanti jangan sekali-kali menaikkan harga beras. Sedangkan produksi yang meningkat itu, disanggah karena faktor harga beras yang naik tajam. "Harganya naik dari US$ 165 per ton menjadi US$ 800 per ton, tentu orang berbondong-bondong membuka sawah," ujarnya.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024