Tujuh Perusahaan Antre Gelar IPO

BEI tutup lantai bursa
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan terdapat sekitar tujuh perusahaan yang berencana menggelar penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Rata-rata para calon emiten tersebut akan melepas saham dengan porsi berkisar 20-30 persen.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

"Belum semuanya melakukan mini ekspose. Seperti Bara Toba saja baru memberikan dokumennya hari Kamis kemarin," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, di kantornya, Jakarta, Selasa 10 April 2012.

Dalam catatan BEI terdapat lima perusahaan telah memberikan dokumen kepada BEI yaitu PT Kobexindo Tractors, PT MNC Skyvision, PT Asuransi Mitra Maparya, PT Global Teleshop dan PT Toba Bara Sejahtera.

Selain dua calon emiten tadi, BEI juga mengaku telah memberikan dokemen pendahuluan untuk dua perusahaan yang berniat menggelar IPO. Kedua perusahaan itu kini tengah melanjutkan prosesnya ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

"Yang sudah dapat (dokumen) dari kami itu Supra Boga Lestari dan Trisula Internasional," ungkapnya.

Supra Boga Lestari sebagai perusahaan pengelola ritel Ranch Market dan Farmers Market menargetkan dana maksimal hasil IPO sebesar Rp300 miliar. Sementara Trisula Internasional akan mengeluarkan maksimal 30 persen saham baru dengan penjamin emisi PT Sinarmas Sekuritas.

BEI mencatat, lima calon emiten lain yang tengah memproses rencana IPO rata-rata akan melepas saham sebesar 20-30 persen. Kobexindo, yang bakal melepas 30 persen saham tercatat telah menunjuk Mandiri Sekuritas dan Valbury Securities sebagai penjamin emisi. Sementara, MNC Sky Vision yang melepas 20 persen saham perdana telah menggandeng MNC Securities sebagai penjamin emisinya.

Tiga perusahaan lain yang akan melepas saham ke publik adalah Asuransi Mitra Maparya yang menawarkan 30 persen saham perdana dengan penjamin emisi PT Kresna Sekurindo. Selanjutnya, Global Teleshop melepas 20 persen saham dengan menggandeng Lautandana Sekuritas dan Equator sebagai penjamin emisi.

"Kalau Toba Bara akan keluarkan sekitar 20 persen saham. Penjamin emisinya antara lain Mandiri Sekuritas," tegasnya.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024