Kadin Dorong Italia Tingkatkan Investasi

Mantan Dirut Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi di Sant'Agata beserta rombongan yang terdiri atas delegasi pemerintahan dan pelaku bisnis mengunjungi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia guna menjajaki peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional, Emirsyah Satar, dalam sambutannya mengatakan, kedatangan delegasi Italia itu diharapkan bisa meningkatkan perdagangan dan menarik minat investasi Italia di Indonesia.

"Perdagangan antara Indonesia dan Italia telah berkembang pada tingkat yang baik serta perlu dikembangkan, termasuk nilai investasinya," ujar Emirsyah dalam sambutan pembukaan acara pertemuan tersebut di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa 24 April 2012.

Menurut Emirsyah, perdagangan antara Indonesia dan Italia telah berkembang pada tingkat yang kuat dengan total perdagangan mencapai hampir US$5 miliar tahun lalu. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dari 2010.

Saat ini, dia melanjutkan, investasi Italia di Indonesia mencapai US$23,4 juta untuk 18 proyek pada 2010. Pada kuartal keempat tahun lalu, ada 12 proyek dengan nilai investasi sebesar US$3,6 juta.

Emirsyah menjelaskan, saat ini, perkembangan stabilitas ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup baik, sehingga dapat meraih peringkat investasi atau investment grade.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai 6,5 persen dan diharapkan terus meningkat. Dengan pasar domestik yang besar, menurut Emirsyah, konsumsi dalam negeri akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Astra Otopartas Tbk dari Indonesia dan Pirelli Tires, Italia.

"Kadin berharap, kesepakatan ini akan menjadi salah satu tonggak penting dalam kerja sama bisnis antara kedua negara, serta dapat menumbuhkan peluang-peluang baru di tahun-tahun mendatang," kata Emirsyah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Perindustrian, MS Hidayat. (art)

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024