Chairul Tanjung Dipastikan Beli Saham Garuda

Orang Kaya Versi Forbes 2012 Chairul Tanjung
Sumber :
  • forbes.com

VIVAnews - Pengusaha nasional, Chairul Tanjung, melalui PT Trans Airways, dipastikan menguasai 10,88 persen atau sekitar 2,47 miliar saham PT Garuda Indonesia Tbk yang sebelumnya dimiliki tiga perusahaan sekuritas pada harga Rp620. Tiga perusahaan sekuritas itu adalah PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Mandiri Sekuritas.

"Crossing (pengalihan saham) besok. Dokumen jual beli sudah diteken semua perusahaan sekuritas," kata sumber VIVAnews yang mengetahui proses tersebut di Jakarta, Kamis 26 April 2012.

Harga pembelian saham Garuda tersebut terdiskon sekitar 17,3 persen dari saat penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebesar Rp750 per unit. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sempat berharap untuk melepas 10 persen di atas harga rata-rata bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Parikesit Suprapto, ketika ditemui di kantornya, belum lama ini, mengatakan, 10 persen di atas harga tersebut bukan harga ketika saham disetujui terjual di hari itu.

Saat ini, Bahana dan Danareksa menguasai lebih dari 900 juta saham, sedangkan Mandiri Sekuritas sekitar 400 juta saham.

Namun, hingga saat ini, pemilik CT Corporation yang juga ketua Komite Ekonomi Nasional itu belum dapat dikonfirmasi. Komisaris PT Televisi Transformasi Indonesia, Ishadi SK, juga belum dapat dimintai penjelasannya mengenai kabar masuknya Chairul Tanjung itu. Panggilan telepon VIVAnews belum berbalas.

Garuda dalam proses penawaran umum perdana saham (IPO) tahun lalu menawarkan 6,33 miliar saham atau sebesar 27,98 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah penawaran umum.

Tapi, dalam proses IPO, hanya sekitar 52,5 persen atau 3,32 miliar saham yang terserap pasar. Untuk itu, sisanya sekitar 47,5 persen atau 3,008 miliar saham harus diserap tiga penjamin pelaksana emisi yang telah menyatakan kesanggupan penuh (full commitment) untuk membeli sisa saham Garuda yang ditawarkan dan tidak habis terjual saat IPO..

Sementara itu, pada perdagangan hari ini hingga pukul 13.11 WIB, harga saham Garuda stagnan di posisi Rp660. Selama sepekan terakhir, harga saham Garuda sempat menyentuh level tertinggi Rp670 yang dicatatkan pada Selasa 24 April 2012.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024