Dua Pekan Lagi, Facebook Melantai di Bursa?

Facebook
Sumber :
  • http://freebiest.com

VIVAnews - Rencana penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) saham Facebook segera dimulai. Kabarnya, perusahaan penguasa jejaring sosial ini akan mulai menggelar roadshow pada Senin mendatang. Artinya, Facebook mulai menjajakan sahamnya pada 18 Mei 2012.

Seorang sumber yang mengetahui aksi tersebut seperti dikutip VIVAnews dari Reuters, Rabu, 2 Mei 2012, mengatakan, sang pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, rencananya akan ikut dalam kegiatan roadshow tersebut.

Sementara itu, manajemen Facebook sendiri menolak untuk mengomentari kabar tersebut.

Sebelumnya, banyak pelaku pasar modal Wall Street yang tidak terlalu berharap munculnya Zuckerberg dalam pelaksanaan IPO perusahaannya. Harapan itu hilang, setelah pemuda yang drop out dari Universitas Harvard ini, tak muncul dalam pertemuan analis pada Maret lalu.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Dia memilih menyerahkan kegiatan tersebut kepada Chief Operating Officer (COO), Shryl Sandberg dan Chief Financial Officer (CFO), David Easman.

Biasanya, tahapan roadshow IPO yang digelar perusahaan untuk menunjukkan strategi kepada investor strategis, memakan waktu 1-2 pekan. Jika agenda roadshow berjalan, perdagangan saham biasanya dimulai beberapa hari lebih cepat.

Seperti diketahui, IPO Facebook bakal mendulang dana hingga US$5 miliar atau rekor terbesar dari perusahaan teknologi informasi yang bermarkas di Silicon Valley. Perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia ini terus berusaha memikat investor meski kinerja kuartal I-2012 menunjukkan hasil cukup mengecewakan.

Seorang sumber yang mengetahui transaksi IPO pernah mengatakan, langkah Facebook mengakuisisi sebuah perusahaan akhir pekan lalu, bisa memberikan nilai tambah kepada jadwal IPO perusahaan.

"Saya tidak pernah melihat antusiasme IPO sejak Google melepas saham. Permintaan investor sangat dahsyat," kata Scott Sweet, analis IPO Boutique. (art)

Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024