Menteri Koperasi: Hati-hati Investasi Bodong

Seorang ibu tunjukkan kartu anggota Koperasi Langit Biru
Sumber :
  • Antara/ Lucky R

VIVAnews - Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan, mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap tawaran investasi fiktif atau istilahnya investasi bodong. Saat ini, investasi bodong itu kerap memakan korban.

Syarif mengatakan, penipuan itu terjadi karena akses masyarakat terhadap investasi yang benar masih minim. Investasi bodong itu biasanya mengatasnamakan koperasi, dan lembaga keuangan lainnya.

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

Untuk lebih meyakinkan sang calon korban, biasanya institusi keuangan tersebut memiliki surat-surat fiktif tentang dasar hukum lembaga keuangan.

"Kasus penipuan seperti itu sudah ditangani kepolisian," ujar Syarif di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 8 Juni 2012.

Syarif mengimbau agar masyarakat tak mudah tergiur dengan tawaran investasi yang tak jelas mekanismenya. Terutama keuntungan tak wajar dan tidak masuk dalam logika. "Itu pasti tidak benar," ujarnya.

Seperti diketahui, penipuan investasi ilegal marak akhir-akhir ini. Beberapa contohnya adalah kasus Koperasi Langit Biru yang memiliki anggota 140 ribu orang. Sebanyak 2.000 orang menjadi korban yang menuntut pengembalian investasi mereka beserta bonusnya.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Semula, pembagian keuntungan koperasi berjalan lancar. Namun, setelah bulan keenam, bonus keuntungan tersendat dan bahkan macet total. (art)

Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Ganjar-Mahfud

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyerahkan proses gugatan PDIP ke pengadilan PTUN Jakarta

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024