Pemasok Komponen Apple Bangun Pabrik di RI

pekerja pabrik di china
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip/Files

VIVAnews - Perusahaan pemasok komponen-komponen barang elektronik  bidang teknologi informasi, Foxconn, berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi barunya.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Kepastian rencana ekspansi bisnis perusahaan pemasok komponen bagi Apple, Motorola, Nexian, Sharp, dan berbagai peralatan elektronik lainnya ini disampaikan Menteri Perindustrian, MS Hidayat.

Ekspansi melalui pembanguan pabrik baru ini, menurut Hidayat, akan menyerap banyak tenaga kerja. "Di China sendiri, Foxconn menyerap 1,3 juta tenaga kerja," ujarnya.

Hidayat belum bisa memastikan berapa nilai investasi yang akan dibenamkan oleh Foxconn. Namun, kepastian ekspansi bisnis mereka sudah diperoleh dari mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan.

Kendati belum mengetahui nilai investasi, Hidayat yakin, Foxconn akan menanamkan modal dalam nilai cukup besar. "Mungkin akan di atas US$1 miliar," ujarnya.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Pemerintah berharap, Foxconn dapat membangun pabrik komponen elektronik tersebut di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mengatakan, alasan Foxconn mengalihkan produksinya ke Indonesia karena mereka tidak bisa membesarkan bisnisnya di China.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Selain Indonesia, Foxconn sebenarnya pernah melirik Myanmar dan Malaysia untuk membuka pabrik barunya. Namun, perusahaan akhirnya membatalkan rencana itu, karena menganggap lahan di kedua negara itu terlalu kecil. "Karena itu, mereka memilih Indonesia," ujarnya.

Sofjan menambahkan, alasan Foxconn membangun basis produksi di Indonesia juga karena keengganan mereka untuk bertumpu pada satu negara sebagai basis produksi. (art)

Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024