Pelaku Pasar Respons Positif Presiden ECB

Lantai Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Investor saham di lantai Bursa Efek Indonesia kembali memburu saham pada pembukaan perdagangan akhir pekan ini, Jumat 27 Juli 2012. 

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya

Sebab, indeks harga saham gabungan dibuka menguat ke level 4.037,19, melanjutkan pra pembukaan pagi tadi yang naik 28,55 poin atau 0,71 persen di posisi 4.033,33.

Analis PT Phillip Securities Indonesia Gunawan Sutanto berpendapat pernyataan Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), yang akan menyelamatkan Euro menjadi faktor utama bergairahnya perdagangan saham di lantai bursa.

"Ditambah, data tingkat pengangguran di Amerika Serikat yang berkurang," kata dia dalam rilis risetnya.

Analis PT BNI Securities Akhmad Nurcahyadi juga mengatakan bahwa keyakinan sesaat para investor dengan pernyataan Presiden ECB tersebut di atas memperkokoh posisi IHSG yang dua hari terakhir menguat.

"Dari pasar dalam negeri beberapa emiten yang melaporkan kinerja lebih baik dari ekpektasi turut memberikan angin segar bagi maraknya kembali transaksi pembelian saham di BEI," ujarnya kepada VIVAnews.

Sementara itu, bursa regional Asia saat IHSG mengawali transaksinya seluruhnya menguat. Di antaranya, Hang Seng Index terangkat 363,64 poin atau 1,92 persen ke level 19.256,43.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Nikkei 225 naik 116,48 poin (1,38 persen) menjadi 8.559,58 dan Straits Times Index yang menguat 9,70 poin atau 0,32 persen di posisi 3.014,27.

Vidi Aldiano dan Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Shopee berusaha untuk memberikan solusi untuk memudahkan belanja online dengan meluncurkan inovasi dan program terbaru melalui Garansi Tepat Waktu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024