Sengketa Merpati-Xian

Merpati: Kami Cuma Mampu Beli 8 Pesawat Xian

VIVAnews - PT Merpati Nusantara Airlines akan menegosiasikan dengan Xian Aircraft Industry Company Ltd China terkait sengketa pembelian 15 unit pesawat terbang.

"Kami akan selesaikan business to business," ujar Direktur Utama Merpati, Bambang Bakti seusai mengikuti rapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres, Jakarta, Jumat, 27 Februari 2009.  Hadir pula dalam rapat tersebut, Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar.

Menurut dia, Merpati sebelumnya memang berkomitmen untuk membeli 15 pesawat dari Xian. Namun, karena persoalan pendanaan, Merpati belum bisa membeli sebanyak itu. "Kami hanya mampu membeli delapan pesawat," katanya.

Pembelian pesawat ini merupakan bagian dari kerja sama bisnis Indonesia - China. Ini bagian dari kesediaan China membiayai program pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt. Salah satu gantinya, Indonesia membeli 15 pesawat buatan Xian.

Persoalannya, sebagai perusahaan yang baru masuk gawat darurat, Merpati tidak memiliki kemampuan pendanaan. Karena itu, Bambang berharap Xian tidak keberatan jika Merpati membeli delapan dulu. Sisanya, menurut dia, tergantung kepada pemerintah.

"Wapres ingin win-win solution," ujarnya menirukan pendapat Wakil Presiden.

Sesungguhnya, dari 15 unit pesawat jenis MA 60, sebanyak dua unit sudah didatangkan ke Indonesia. Sedangkan 13 unit masih tertunda. Hal itu akibat Merpati menunda pembayaran, karena perusahaan terus merugi tiap tahun.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024