Dunia Tengah Krisis, Trade Expo RI Bidik Target US$2 M

Gita Wirjawan pada penutupan Trade Expo Indonesia (TEI) 2011
Sumber :
  • Kementerian Perdagangan

VIVAnews – Indonesia kembali menggelar pameran perdagangan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-27 pada tahun ini. Meski kondisi perekonomian dunia tengah tertekan, pemerintah memasang target tinggi dari ajang tahunan ini.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Pameran yang berlangsung mulai 17-21 Oktober 2012 ditargetkan mampu menghasilkan nilai transaksi hingga mencapai US$2 miliar atau Rp18,8 triliun (kurs Rp9.400).

"Itu target kami, mudah-mudahan bisa tercapai nantinya," ujar  Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami, usai keterangan pers di kantornya, Jakarta, Selasa 9 Oktober 2012. 

Gusmardi mengakui, target tersebut memang cukup tinggi. Pada pameran serupa tahun lalu, total transaksi perdagangan diperkirakan mencapai US$460 juta.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Pemerintah menyadari tantangan yang akan dihadapi pada pameran kali ini berasal dari melemahnya perekonomian dunia. Kondisi itu menyebabkan angka perdagangan internasional ikut terpengaruh. 

Rencananya, pameran perdagangan kali ini akan dihadiri 6 ribu pembeli internasional yang datang dari 100 negara. Dalam pameran nanti, para pembeli ini berkesempatan bertemu dengan dua ribu eksibitor dari Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk mulai yang ada di Indonesia. 

“Sampai tanggal 6 Oktober ada 4.326 pihak yang berasal dari 90 negara yang memastikan hadir dalam acara ini,” kata Gusmardi.

Walaupun target pembeli belum tercapai, Kemendag masih optimistis jumlah pembelinya akan memenuhi target pada Senin pekan depan. 

Para pembeli yang akan hadir ini dipastikan dan dikoordinasi oleh perwakilan Indonesia di luar negeri maupun yang secara individu yang mendaftar secara online. (eh)

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus
Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sebelumnya, karena perselisihan, Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok di Pasar Cikini, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024