Tekan Biaya Tol Sumatera, Dahlan Bentuk Konsorsium

Jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - PT Hutama Karya akan membentuk konsorsium dengan sejumlah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang beroperasi di Sumatera guna mewujudkan ambisi membangun lima ruas tol Sumatera. Dengan pembentukan konsorsium ini, diharapkan biaya pembangunan tol dapat ditekan hingga 60 persen.

"Hutama Karya akan membentuk konsorsium dengan perusahaan perkebunan milik BUMN di Sumatera yang dilewati jalan tol," kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan, seusai Rapat Pimpinan Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2012.

Dengan pembentukan konsorsium ini, Hutama Karya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pembebasan lahan. Nantinya, tanah milik PTPN akan menjadi equity konsorsium dan sebagai gantinya, PTPN akan memiliki saham di konsorsium tersebut.

Ia optimistis pembentukan konsorsium ini akan mempercepat pembangunan lima ruas tol Sumatera, karena biaya konstruksi dapat ditekan. Lebih jauh, pembentukan konsorsium akan membuat pembangunan jalan tol yang sebelumnya dianggap tidak visible, karena terlalu mahal dengan lalu lintas sepi, bisa menjadi visible dengan penurunan biaya konstruksi.

Untuk saat ini, pembentukan konsorsium tersebut tinggal menunggu penugasan dari pemerintah. Baik Hutama Karya maupun PTPN akan segera merumuskan pembentukan konsorsium dan diharapkan dapat selesai pada awal 2013.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

"Konsorsium ini untuk mempercepat pembangunan tol, terutama di Sumatera Utara," kata Dahlan. (art)

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024