Harga BBM Naik, Ini 3 Usulan Skema Kenaikan

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Rudi Rubiandini, menilai kuota bahan bakar minyak bersubsidi pada 2013 sebanyak 46 juta kiloliter akan kembali jebol jika pemerintah tidak menaikkan harga.

Melihat kondisi itu, pihaknya berharap kenaikan harga BBM bersubsidi akan bisa mengendalikan BBM bersubsidi. "Berat kalau kuota 46 juta kiloliter, (tapi) harga BBM tidak naik," kata Rudi di Jakarta, Kamis 1 November 2012.

Untuk merealisasikan rencananya itu, Kementerian ESDM menawarkan tiga opsi skema kenaikan harga BBM bersubsidi. Pertama, menaikkan langsung harga BBM sebesar Rp1.500 atau menjadi Rp6.000 per liter.

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Opsi kedua adalah menaikkan harga BBM bersubsidi secara bertahap yaitu Rp500 per liter per empat bulan. Sementara itu, opsi ketiga adalah menaikkan harga BBM bersubsidi setiap bulannya sebesar Rp150-200 per liter hingga mencapai Rp6.000 per liter.

Dari perhitungan ESDM, kenaikan harga Rp1.500 per liter menjadi Rp6.000 per liter akan menghemat anggaran hingga Rp50 triliun. Selain itu, harga baru tersebut akan menahan kenaikan harga minyak mentah sebesar 10 persen.

Rudi menjelaskan, jika harga minyak mentah melonjak 10 persen, anggaran yang dimiliki pemerintah kemungkinan tidak akan jebol. Begitu juga jika harga minyak mentah turun, akan ada penghematan anggaran sebesar Rp50 triliun.

Ia menjelaskan, pada APBN 2013, pemerintah tidak perlu lagi meminta persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Semua keputusan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi berada di tangan menteri keuangan.

"Tetapi, menkeu tak bisa semena-mena, harus melihat segala aspek seperti ekonomi dan sosial," katanya. (art)

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI
Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat malam-malam bersama jajaran pejabat Kemenkeu

Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Finance Minister Sri Mulyani Indrawati held a meeting with the officials in her ministry to discuss the economic and financial situation due to the heated geopolitical si

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024