200 Triliun Dana Infrastruktur Disisihkan untuk Kelautan

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan berkoordinasi dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Koordinasi ini guna membantu daya saing nelayan.

"Ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan sekaligus meningkatkan perekonomian berbasis maritim," kata Hatta Rajasa di Musyawarah Nasional HNSI di Batam, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.

Menurut Hatta, ini merupakan bentuk respons keberpihakan pemerintah. Hatta meminta hasil koordinasi Kementerian Kelautan dan HNSI dibahas dalam rapat koordinasi pangan.

Hatta akui bahwa saat ini tercatat ada tiga faktor yang menjadi hambatan bagi nelayan. Ketiganya yakni area cakupan tangkapan (fishing ground), ketersediaan BBM bersubsidi, dan akses pembiayaan.

Lantaran begitu, Kementerian Koordinator Perekonomian memproyeksikan percepatan pembangunan kelautan melalui Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) denganĀ  merancang pembangunan infrastruktur kelautan.

"Oleh karena itu dalam MP3EI, kami membangun konektivitas dalam arti pembangunan infrastruktur, khususnya infrastruktur kelautan," tambah menteri yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini.

Dia menambahkan dana infrastruktur senilai Rp200 triliun untuk tahun 2013 akan disisihkan untuk membangun infrastruktur kelautan. "Agar menciptakan konektivitas laut yang bisa mengurangi cost," ujar Hatta.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China
Pendeta Gilbert Lumoindong

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

Pendeta Gilbert sebelumnya sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024