10 Cara Sukses Ala Richard Branson (I)

Billionaire Toys Richard Branson
Sumber :
  • cnbc.com

VIVAnews - Tidak semua orang dapat menjadi seorang wirausaha karena wirausaha membutuhkan jiwa yang tidak mudah menyerah. Salah satu contoh wirausaha sukses dunia adalah Richard Branson, yang memiliki 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Pengusaha Inggris bernama lengkap Sir Richard Charles Nicholas Branson ini pertama kali berbisnis pada usia 16 tahun dengan mendirikan majalah Student, kemudian berkembang dan saat ini menjadi orang terkaya ke-255 di dunia versi Forbes dengan kekayaan bersih US$4,2 miliar.

Berikut 10 cara agar anda dapat mengikuti cara Richard Branson untuk menjadi seorang pengusaha sukses seperti dilansir Entrepreneur.com :

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

1. Jadilah orang yang memiliki jiwa pemberani dan ikuti insting anda

Memulai sebuah usaha tentunya memiliki risiko dan terus berinovasi sebelum ide bisnis anda dicuri orang. Uang, reputasi dan hubungan relasi yang kuat memang dibutuhkan namun seorang pengusaha harus tahu kapan mengambil kesempatan.  

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Saat Branson meluncurkan maskapai Virgin Atlantic pada 1984 dan Virgin Australia pada 2000, dewan komisaris tidak setuju mengingat peluang sukses yang kecil. Namun Branson tetap mengikuti nalurinya dan tetap mengambil keputusan tersebut. Hasilnya, saat ini Virgin Atlantic telah menerbangkan lima juta penumpang per tahun.

2. Jangan masukkan masalah pribadi dalam bisnis

Didiagnosa dokter terkena diseleksia, Branson muda terpaksa kel uar dari sekolah pada usia 16 tahun karena tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah. Branson mengubah kekurangannya tersebut dengan menjadi keuntungan menjadi pengusaha.

Dalam setiap membahas perusahaannya, Richard Branson selalu meminta rekannya untuk membacakan dengan keras dan detil untuk memberikan Branson konsep bisnis secara keseluruhan. Branson kemudian tidak menggunakan jargon-jargon industri dengan bahasa yang biasa. "Jika anda berada di posisi kurang menguntungkan maka cara terbaik mengatasinya adalah mengubah hal negatif menjadi positif," katanya.

3. Buat jaringan yang solid

Ide bisnis yang bagus sekalipun akan percuma jika tidak ada satupun orang yang mengetahuinya dan orang-orang pun tidak bisa membantu anda. Seorang wirausaha yang sukses akan memulai bisnisnya dengan membangun jaringan bisnis dan jaringan bisnis tersebut akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan bisnis.

Saat Branson memulai jaringan untuk memulai bisnis Virgin Music pada 1970-an, Ia mulai membangun jaringan dengan para manajer dan musisi untuk bergabung dengan dirinya. Saat ini, untuk membangun jaringan bisa dimulai dari menghadiri acara bisnis, bergabung dengan asosiasi dan aktif di sosial media.

4. Terbuka dengan perubahan

Pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang pesat mau tidak mau akan terjadi sehingga seorang wirausaha dituntut untuk terus menyesuaikan diri.

Branson dengan Virgin Records terus mengantisipasi perubahan teknologi pemutar musik, dari piringan hitam, menjadi kaset lalu berevolusi menjadi CD. Branson mengubah model bisnis Virgin Records beberapa kali hingga Ia menjual perusahaan tersebut kepada  EMI pada 1992.

5. Jangan ragu untuk meminta tolong

Seorang pengusaha adalah manusia juga yang memiliki keterbatasan. Kadang-kadang seorang pengusaha membutuhkan orang lain yang dipercaya untuk memberikan masukan dan bantuan.

Pada usia 19, Branson memulai bisnis audio record mail-order tanpa konsultasi dengan siapapun. Branson terkena masalah oleh bea cukai karena menghindar dari masalah pajak. Ibunya lalu mengeluarkan Branson dari penjara dan kemudian menjadi salah satu mentor bisnisnya. Bersambung.... (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya