Subsidi BBM 2013 Dihemat untuk Biayai BPJS

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai perlu adanya penghematan subsidi energi tahun depan. Alokasi anggaran subsidi energi pada 2013 sudah terlalu besar, bahkan mencapai Rp300 triliun.

Alokasi yang besar itu dikhawatirkan mempengaruhi implementasi program sistem jaminan sosial yaitu Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) yang telah disiapkan.

"Tahun 2014 kita akan menjalankan sistem jaminan sosial. Itu dari mana (uangnya) kalau tidak dari penghematan," ujarnya di Jakarta, Rabu 21 November 2012.

Atas dasar tersebut, pemerintah terus mengkaji skema penghematan subsidi. Kajiannya dari memperdalam opsi kenaikan harga BBM hingga pembatasan volume konsumsi kendaraan roda empat baik pribadi maupun transportasi umum.

"Penghematan alternatifnya BBM atau listrik. Mendekati harga keekonomian BBM," ujarnya.

Agus juga menegaskan segala kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah tidak boleh membebankan rakyat. Untuk itu selain penghematan, pengembangan energi alternatif juga terus dilakukan. (umi)

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya
Nagita Slavina

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Minuman yang telah dicicipi Nagita Slavina itu lalu ditawarkan ke Raffi Ahmad, dan ternyata langsung diberikan kepada Sus Rini, pengasuh Rayyanza.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024