Menkeu Tolak Permintaan Jokowi Soal Subsidi Tiket MRT

Maket MRT Jakarta
Sumber :
  • MRT Jakarta

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menolak usulan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang meminta pemerintah pusat untuk mensubsidi harga tiket Mass Rapid Transit (MRT) dengan cara menanggung 70 persen beban pinjaman Pemda DKI Jakarta.

Agus menjelaskan masalah transportasi publik harusnya menjadi prioritas pemerintah daerah dan seharusnya Pemda DKI Jakarta mendorong anggarannya untuk subsidi transportasi publik.

"Permintaan Pemda itu baik, tapi itu harus dilakukan oleh pemda. Kalau tidak, nanti pemda-pemda lain menangkap masalah transportasi publik bukan merupakan prioritasnya," katanya di Jakarta, Jumat 30 November 2012.

Mantan Dirut Bank Mandiri ini menjelaskan pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah dengan format hibah. Bentuk hibah ini merupakan dukungan yang besar dari pemerintah pusat agar pemeritah daerah DKI Jakarta untuk merealisasikan mega proyek tersebut.

Saat ini pemerintah pusat sedang memprioritaskan subsidi dalam bentuk konversi bahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas (BBG), serta mendorong penggunaan energi terbarukan. Untuk itu Agus menegaskan sudah sebaiknya pemda-pemda, khususnya Pemda DKI Jakarta, untuk mendorong subsidi ke transportasi publik.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta mematok harga tiket kereta bawah tanah Mass Rapid Transit sebesar Rp15 ribu. Namun, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo keberatan. Mantan Walikota Solo itu menginginkan kelak

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi
Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024