BI Minta BPD Contoh Bank Mandiri dan BRI

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, meminta Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk mencontoh ekspansi PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Dua bank BUMN itu dinilai memiliki pertumbuhan dan tata kelola yang baik.

"BUMN itu sekarang sangat profesional, efisien, dan inovasinya luar biasa. Saya sebut saja, Bank Mandiri dan BRI itu bank yang sangat agresif, sangat baik buat jadi panutan bagi BPD-BPD," kata Halim di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin, 3 November 2012.

Menurutnya, BI akan memperkuat tingkat permodalan dan efisiensi menjadi hal paling utama dalam pengembangan industri perbankan BPD.

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan untuk mengembangkan kerjasama antar BPD, BI akan mendorong program BPD Regional Champion. Caranya melalui kerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam bentuk penyelenggaraan APEX Bank dan linkage program.

APEX bank merupakan lembaga sebagai pengayom BPR,  untuk memberikan bantuan saat bank perkreditan mengalami kesulitan likuiditas. "Jadi ke depan BPD bisa membantu likuiditas BPR, melalui APEX Bank. Nah untuk jalankan ini BPD harus sehat." tegas Darmin.

Darmin mencontohkan jika BPD memberikan marjin bunga sekitar 11-12 persen ke BPR, bunga BPR yang dikenakan masyarakat untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa mencapai 22 persen. "Kita juga akan minta bank yang mengucurkan kredit mikro akan kita minta buka suku bunganya (SBDK)," ungkap Darmin. (ren)

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024