Angkasa Pura II Operasikan Bandara di Dekat Danau Toba

Danau Toba dan Pulau Samosir
Sumber :
  • http://jokoalmady.blogspot.com

VIVAnews - Kementerian Perhubungan secara resmi menyerahkan kegiatan operasional Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, kepada PT Angkasa Pura II (Persero). Bandara yang terletak dekat danau Toba ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bhakti, menjelaskan dengan dialihkannya penyelenggaraan operasional dari Kementerian Perhubungan kepada Angkasa Pura II, Bandara Silangit diharapkan dapat menjadi ujung tombak perekonomian kawasan Danau Toba dan sekitarnya, salah satunya dengan meningkatkan potensi pariwisata daerah yang telah ada.

"Banyak sekali potensi penunjang pariwisata yang dapat digali di sana. Angkasa Pura II ke depan diharapkan dapat menginspirasi munculnya potensi-potensi lain yang belum muncul," kata Herry Bhakti, Jumat 14 Desember 2012.

Menanggapi hal tersebut, Tri S Sunoko menjelaskan, serah terima ini salah satu bentuk sinergi strategis antara Ditjen Perhubungan Udara dan Angkasa Pura II untuk meningkatkan fungsi dan pelayanan pengoperasian Bandara Silangit.

Angkasa Pura berjanji untuk mengoptimalisasikan peran Bandara Silangit guna meningkatkan aksesibilitas hubungan udara di Kawasan Danau Toba dan sekitarnya.

Tri Sunoko berharap di bawah pengelolaan Angkasa Pura II, peran Bandara Silangit ke depan tidak lagi sebatas sebagai tempat mendarat dan lepas landas pesawat, maupun hanya menjadi sarana penunjang perpindahan orang dan barang melalui angkutan udara.

Lebih dari itu, Bandara Silangit harus mampu menjadi bandara yang dapat memberikan manfaat yang lebih terhadap masyarakat di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, maupun Sumatera Utara secara luas.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

"Khususnya dalam meningkatkan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara, dan menggerakkan investor untuk menanamkan modalnya di kawasan ini. Bagi Angkasa Pura II, ini merupakan tantangan yang sangat besar," papar Tri Sunoko.

Melalui penugasan ini, manajemen Angkasa Pura II akan memaksimalkan upaya pembenahan bandara yang dibangun semasa penjajahan Jepang tersebut. Letak Bandara Silangit sangat strategis, diapit sembilan wilayah kabupaten di sekitarnya. Hal ini menjadi fokus pengembangan yang akan dilakukan Angkasa Pura II ke depan.

Proses pengkajian (feasibility study) pengalihan tugas ini, telah dilakukan Angkasa Pura II sejak November 2012 dan selesai pada Desember 2013. Adapun kajian yang dilakukan antara lain aspek finansial, teknis, operasional, SDM, ekonomi, hingga dampak sosial terhadap masyarakat di lingkungan bandara. (adi)

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024