Kemenhub: UPS Bandara Cengkareng Berumur 20 Tahun

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Kementerian Perhubungan melansir Unit Power Supply (UPS) utama Bandara Soekarno-Hatta yang terbakar Minggu sore lalu telah berusia 20 tahun. Angkasa Pura II berniat mengganti UPS tersebut pada Januari 2013 mendatang, namun sebelum diganti terjadi insiden terbakar dan menyebabkan radar bandara Cengkareng mati selama 15 menit.
 
"Sebetulnya UPS yang baru itu lagi diorder dari Jerman, dan akan tiba pada Januari mendatang. Jadi sebenarnya memang sudah akan diganti," kata Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, di Jakarta, Senin 17 Desember 2012.

Kementerian Perhubungan saat ini sedang menginvestigasi matinya radar Jakarta Automated Air Traffic System (JAATC) Minggu pekan lalu. Kementerian Perhubungan belum bisa memastikan apa sanksi yang diterima sebelum proses investigasi berakhir.

Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Angkasa Pura II selaku pengelola bandara guna memastikan kenapa alat vital ini tidak berfungsi. Pasalnya, jika sampai rusak akan mengancam keselamatan seluruh pihak.

"Radar itu sebagai salah satu alat yang vital dan kedua risiko dari navigasi tidak berfungsi itu berbahaya," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan ia telah memperingati Kementerian Perhubungan terkait dengan peremajaan JAATC ini. Namun sampai dengan insiden ini hal tersebut belum juga direalisasikan.

Ia telah menginstruksikan Kementerian Perhubungan untuk rapat koordinasi khusus untuk membahas persoalan tersebut, sehingga ke depan tidak terjadi lagi. (umi)

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024