Banjir, Jumlah Gardu Listrik Padam Meningkat Tajam

Investigasi Gardu Cawang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Jumlah gardu listrik yang dipadamkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bertambah dari 1.199 gardu listrik menjadi 1.624 gardu per Jumat 18 Januari 2013 pukul 21.00 WIB. Meningkatnya jumlah gardu yang padam akibat PLTGU Muara Karang diterjang banjir.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menjelaskan jumlah gardu listrik yang dipadamkan PLN sempat mencapai jumlah tertinggi yaitu 1.847 gardu listrik karena gardu induk Budi Kemuliaan dan Kebon Sirih yang padam akibat pengaruh PLTGU Muara Karang yang kebanjiran.

"Malam ini turun sedikit menjadi 1.624 gardu dari tadi sore," katanya kepada VIVAnews.

Luapan air dari banjir besar di Jakarta menyebabkan sebagian area PLTGU Muara Karang terendam air. PLTGU di bagian utara Jakarta tersebut tidak bisa beroperasi optimal. PLTGU Muara Karang adalah salah satu pembangkit utama yang memasok kebutuhan listrik untuk sebagian wilayah Jakarta.

"Hal ini menyebabkan pasokan listrik ke Jakarta berkurang dan beberapa area terpaksa dipadamkan" kata Direktur Operasi Jawa Bali PLN Ngurah Adnyana. Beberapa unit PLTGU saat ini masih bisa beroperasi dengan total daya mampu sekitar 750 Mega Watt (MW).

Ia meminta masyarakat yang daerahnya tergenang banjir agar segera mematikan listrik dengan cara menurunkan posisi mini circuit breaker (MCB) atau sekering di meteran listrik. Pastikan posisi sekering tersebut dalam posisi off. Matikan juga semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dari stop kontak.

Hal lain yang perlu diketahui masyarakat, pada saatnya nanti setelah banjir surut dan keadaan aman diperlukan waktu untuk membersihkan, mengeringkan dan menguji gardu listrik yang semula dipadamkan.

Bertemu Airlangga di Jakarta, Bobby: Saya Diundang, Gak Sopan Kalau Tak Datang

"Untuk itu kami mohon pengertian masyarakat jika setelah surut nanti kemungkinan listrik tidak bisa langsung menyala. Diperlukan waktu untuk memastikan gardu tersebut dalam kondisi aman sebelum dinyalakan." (umi)

Turis Korea lakukan tindakan tidak senonoh di Thailand

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Turis asal Korea telah menimbulkan kontroversi di Thailand pada baru-baru ini setelah tertangkap melakukan tindakan tidak senonoh di tengah perayaan budaya, Songkran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024