Menteri PU Minta BPN Serius Bantu Pembebasan Lahan

Penambahan Infrastruktur Jalan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum meminta Badan Pertanahan Nasional membuat unit kerja khusus yang menangani pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menteri PU, Djoko Kirmanto, mengatakan selama ini urusan pembebasan tanah ditangani oleh beberapa Deputi BPN sehingga hal tersebut belum menjadi tugas prioritas bagi mereka.

"Saya sudah minta ada petugas khusus dengan SK Kepala BPN dengan level yang cukup tinggi untuk nongkrongi pembebasan tanah dan beliau sudah setuju," ucap Djoko Kirmanto dalam siaran persnya, Minggu 10 Februari 2013.

Djoko berharap permintaan itu bisa secepatnya direalisasikan oleh BPN, mengingat upaya Kementerian PU yang sedang mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Jawa.

Hingga saat ini, Djoko mengatakan, pembebasan lahan masih menjadi kendala besar bagi Kementerian PU untuk membangun jalan tol.

Dalam rapat dengan Wakil Presiden beberapa waktu lalu, Menteri PU menyampaikan, dari sembilan ruas Tol Trans Jawa, tiga di antaranya menghadapi kendala pembebasan tanah sehingga sulit diselesaikan pembangunannya pada akhir 2014. Ruas jalan tol tersebut adalah Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.  

Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024