Dahlan Tagih Terus Tunggakan Dividen Freeport

Dahlan Iskan, Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) geram dengan Freeport Indonesia yang tidak membayar dividen 2012. Padahal pemerintah telah menurunkan proyeksi peneriman dividen dari Freeport.

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

"Saya akan tagih terus," kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan, di Jakarta, Rabu 20 Februari 2013.
JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta


Dahlan menjelaskan Kementerian BUMN telah melayangkan surat tagihan dividen Freeport, namun ia belum mengetahui apakah surat tersebut telah dibalas atau belum. "Saya akan cek ke Wamen, apa tanggapan Freeport. Tapi saya akan terus tagih," katanya.


Dalam paparan Kementerian BUMN yang dikutip
VIVAnews
awal 2012, pemerintah menargetkan setoran dividen dari perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar dunia, PT Freeport Indonesia, pada tahun ini sebesar Rp1,5 triliun. (Baca: )


Target dividen Freeport 2012 turun 14,77 persen dibandingkan realisasi dividen 2011 sebesar Rp1,76 triliun. Hal ini mempertimbangkan perkembangan situasi di Papua, sehingga kemungkinan PT Freeport tak bisa memberikan dividen sebesar yang diproyeksikan.


Proyeksi tersebut diturunkan pada akhir 2012 menjadi Rp500 miliar akibat belum pulihnya operasional perusahan setelah sempat terhenti operasi pada awal 2012. (Baca: ) (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya