10 Wanita Terkaya di Dunia Versi Forbes (I)

Liliane Bettencourt, wanita terkaya di dunia versi Forbes.
Sumber :
  • Guardian

VIVAnews - Majalah bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar orang-orang terkaya sejagat. Jajaran orang kaya dunia membengkak menjadi 1.426 orang dan 138 orang diantaranya adalah wanita.

Dikutip dari laman Forbes, jumlah wanita yang masuk daftar orang kaya itu meningkat dari  tahun lalu, yang hanya 104 orang. Beberapa orang di antara daftar wanita kaya itu, ada nama baru baru seperti perancang busana Tory Burch serta eksekutif Hongkong, Pollyana Chu.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Namun keduanya tidak masuk dalam 10 wanita terkaya di dunia. Berikut 10 wanita terkaya di muka bumi versi Forbes:

1. Liliane Bettencourt
Kekayaan bersih: US$30 miliar.
Negara: Perancis.

Berusia 90 tahun, Liliane Bettencourt merupakan wanita paling kaya di muka bumi ini. Masuk dalam daftar 10 orang kaya dunia versi Forbes sejak 1999 silam dan sempat terlempar dari 10 besar.

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Bettencourt menghimpun pundi-pundi kekayaan dari perusahaan kosmetik dunia, L'Oreal. Bettencourt memegang 30 persen saham L'Oreal dan lonjakan saham L'Oreal menempatkan Bettencourt dalam peringkat 9 orang kaya dunia. 

2. Christy Walton
Kekayaan bersih: US$28,2 miliar.
Negara: Amerika Serikat.

Christy mewarisi saham suaminya, John Walton yang merupakan generasi kedua Wal-Mart. John meninggal dalam kecelakaan pesawat 2005 silam. John merupakan anak dari Sam Walton, pendiri Wal-Mart. Lonjakan harga saham Wal-Mart pada 2012 lalu membuat dirinya sebagai wanita paling kaya di AS.

3. Alice Walton
Kekayaan bersih: US$26,3 miliar.
Negara: Amerika Serikat.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Alice Walton merupakan adik kandung John Walton dan merupakan generasi kedua Wal-Mart. Pada 2012 lalu Alice mendapatkan dividen lebih dari US$440 juta dari Wal-Mart. Alice gemar mendonasikan hartanya untuk berbagai kegiatan kemanusiaan.

4. Iris Fontbona
Kekayaan bersih: US$17,4 miliar.
Negara: Chile.

Mewarisi perusahaan pertambangan tembaga terbesar di dunia, Antofagasta, dari suaminya Andronico Luksic yang meninggal akibat kanker pada 2005 lalu. Iris Fontbona dan keluarga memiliki 65 persen saham Antofagasta.

Antofagasta terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek London. Memiliki berbagai tambang tembaga dan mineral di Chile dan Peru.

5. Georgina Rinehart
Kekayaan bersih: US$17 miliar
Negara: Australia

Gina Rinehart adalah wanita terkaya di wilayah Asia Pasifik dan orang paling kaya di Australia, meskipun harga komoditas bijih besi yang anjlok menggerus kekayaannya hingga US$1 miliar.

Gina meneruskan usaha ayahnya, Lang Hancock dalam mengelola perusahaan tambang, Hancock Prospecting. Gina baru saja membeli dua kondominium di Pulau Sentosa, Singapura senilai US$45 juta.

(Bersambung)

Chief Executive Officer Indodax Oscar Darmawan.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Penelitian Statista mengungkapkan, pasar kripto di Asia Tenggara diproyeksikan mencapai US$1.787 juta atau sekitar Rp27,5 triliun pada tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024