Benahi Pelabuhan, Indonesia Bisa Berguru pada Belanda

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVAnews - Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia perlu "berguru" kepada Belanda dalam hal pengelolaan dan penataan pelabuhan untuk kepentingan distribusi dan logistik.

"Kami ingin belajar dari Belanda dalam bidang logistik itu," ujar Bayu di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 14 Maret 2013.

Menurut Bayu, keunggulan Negeri Kincir Angin itu dalam bidang manajemen pelabuhan sudah terbukti dan mendapat pengakuan internasional. Salah satu contoh, Rotterdam merupakan kota pelabuhan terbesar di Eropa.

Rotterdam, menurut Bayu, memiliki pelabuhan dengan luas kurang lebih 10 ribu hektare. Di lahan seluas itu, pemerintah Belanda mampu membangun kawasan industri dengan berbagai kluster seperti industri kimia, bahkan industri maritim. Sistem manajemen pelabuhan ini pun berjalan sangat baik.

Kondisi pelabuhan Rotterdam, menurut Bayu, berbanding terbalik dengan Tanjung Priok, Jakarta. Pemukiman penduduk sudah terbentuk sejak dulu di sekitar pelabuhan dan kawasan industri Tanjung Priok.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Kondisi itu yang membuat lalu lintas di kawasan tersebut kini menjadi ruwet. Tidak hanya itu, manajemen di pelabuhan Tanjung Priok juga belum tertata rapi.

Pemerintah Belanda, menurut Bayu, berencana untuk berinvestasi di Indonesia terkait pengembangan pelabuhan. Namun, krisis yang melanda kawasan Eropa tampaknya bisa menghambat rencana itu.

"Kami juga memahami bahwa ekonomi Eropa belum mantap. Jadi, mereka tidak bisa terburu-buru untuk investasi. Sekarang, kami sedang berkomunikasi saja," kata Bayu.

Sebelumnya, Ketua Forum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) bidang Transportasi Laut, Ajiph Razifwan Anwar, mengatakan bahwa banyak keluhan tentang luas dermaga di pelabuhan Tanjung Priok yang dinilai amat kurang. Menurut dia, kondisi itu bisa disiasati tanpa menambah panjang dermaga.

"Peningkatan operasional pelabuhan bisa lebih ditingkatkan," kata Ajiph.

Peningkatan itu berupa penambahan peralatan seperti crane senilai US$25 juta atau sekitar Rp250 miliar. Selain itu, manajemen pelabuhan pun harus dibenahi. (art)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024