Mengapa Ratusan Kontainer Bawang Putih Tertahan?

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan amati impor bawang
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji

VIVAnews - Keberadaan ratusan kontainer berisi bawang putih impor yang tertahan di Container Yard PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, tidak lepas dari lemahnya sisi pelayanan.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, mengakui regulasi yang diterbitkan bersama Kementerian Perdagangan perlu dilakukan pembenahan. "Kami inginkan pelayanan impor dilakukan dalam satu atap. Dan pelayanan satu atap itu tidak harus dalam satu gedung, tetapi melalui sistem online," kata Rusman Heriawan di Surabaya, Senin 18 Maret 2013.

Sistem itu, lanjutnya, bisa mengantisipasi terjadinya kemacetan di Container Yard sejumlah pelabuhan di Indonesia. "Tetapi tetap melibatkan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian yang memiliki wewenang untuk menerbitkan regulasi impor hortikultura," katanya.

Pihaknya menilai, yang terjadi di TPS Tanjung Perak Surabaya dan menyebabkan sekitar 323 kontainer berisi bawang putih tidak bisa keluar karena importir tidak melengkapi dokumen Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dan Surat Persetujuan Impor (SPI). Harusnya, regulasi itu sudah dikenalkan sejak September 2012.

Wamentan menyebut importir yang komoditinya tertahan disebabkan terlambat mengurus dokumen atau kepepet. Dan, pihaknya menampik  adanya keterlibatan kartel. "Bisa saja begitu, karena barang sudah tiba tetapi tidak memiliki kelengkapan dokumen," katanya.

Saat sidak Wamentan sempat melihat kontainer berisi bawang putih impor di CY PT TPS. dari satu container berukuran 40 feet. Dari total 323 kontainer yang tertahan di TPS, 39 kontainer sudah memiliki Surat Persetujuan Pengiriman Barang (SPPB) dan sudah keluar dari lapangan penumpukan. Sementara sisanya 293 masih tertahan karena kelengkapan dokumennya tidak dipenuhi importir.

Terkait itu, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Purwo Widiarto, menyebut 39 kontainer yang sudah keluar antara tgl 8-10 Maret. Dan, impor bawang putih itu mulai masuk sejak Januari hingga Maret 2013.

Kepala Bidang Karantina dan Tumbuhan Tanjung Perak, Imam Djajadi, menepis anggapan Komite Pengawas Persaingan Usaha yang menyebut 108 kontainer berisi bawang putih impor sudah keluar. "Itu tidak hanya bawang putih. Bisa saja berisi daging, atau produk hortikultura lainnya," katanya.

Dari 323 kontainer bawang putih itu rata-rata berkuran 40 feet dengan estimasi per kontainer seberat 28 ton. Atau total 323 kontainer bawang putih impor itu seberat 12.920 ton.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024